BKKBN Kepri Seleksi Pra Verval KRS dan Uji Coba Siga Elsimil-Percepatan Penurunan Stunting

BKKBN Kepri Seleksi Pra Verval KRS dan Uji Coba Siga Elsimil-Percepatan Penurunan Stunting
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Rohina (ist)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepri melaksanakan pra Verifikasi dan Validasi data Keluarga Resiko Stunting (Verval KRS) selama enam hari dari 17 sampai dengan 22 April 2024.

Pelaksanaan pra Verval KRS Tahun 2024 dipilih Kota Tanjungpinang sebagai lokus uji coba dengan memilih tiga dari empat kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Pemerolehan dan perekaman data Verval KRS dilakukan oleh petugas data dengan menggunakan tiga metode diantaranya metode formulir, smartphone dan penggunaan metode website.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Rohina, M.Si, pra Verval KRS bertujuan secara khusus untuk meningkatkan kompetensi Tim Kerja Pelaporan dan Statistik dalam pengelolaan pelaksanaan kegiatan pemutakhiran, Verval KRS.

Rohina juga menjelaskan bahwa upaya penajaman pemerolehan dan perekaman data keluarga resiko stunting, BKKBN Kepri juga melakukan uji coba aplikasi berbasis smartphone berupa Sistem Informasi Keluarga Elektronik Siap Nikah dan Hamil (SIGA Elsimil) khusus pada pendampingan calon pengantin (catin), yang bersamaan akan dilaksanakan di Kota Tanjungpinang sebagai lokus uji coba.

“Kita berharap secara ouput dari pelaksanaan pra Verval KRS tahun ini dapat menguatkan secara teknis, pemuktahiran, verifikasi serta validasi data KRS, dan mengenai uji coba pemuktahiran aplikasi SIGA Elsimil kita harapkan memperoleh masukan serta dukungan dari OPD KB (Organisasi Perangkat Daerah Program Keluarga Berencana Kabupaten/Kota), Penyuluh KB serta TPK (Tim Pendamping Keluarga),” kata Rohina diruang kerjanya Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Jalan Laksamana Bintan, Batam (16/4/2024).

Sesuai target Provinsi Kepri akan melaksanakan Verval KRS dari Tanggal 23 April sampai 31 Mei dengan jumlah sasaran sebanyak 419 desa/kelurahan.

Data Verval KRS yang terhimpun merupakan proses membandingkan antara data hasil pendataan keluarga dan pemuktahiran data keluarga dengan kondisi terkini sehingga didapatkan data sasaran yang valid dan akurat yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penajaman sasaran maupun intervensi program percepatan penurunan stunting di Provinsi Kepri.

Dari peroleh data Verval KRS diharapkan bisa memilih langkah yang tepat sasaran sesuai nama dan alamat KRS yang menjadi sasaran pelaksanaan program dalam upaya Kepri zero penambahan anak yang beresiko stunting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *