Indeks

Kota Batam Sumbang Terbesar Kunjungan Wisman ke Kepulauan Riau pada Februari 2024

Kota Batam Sumbang Terbesar Kunjungan Wisman ke Kepulauan Riau pada Februari 2024
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi semua pihak yang terus mendukung berbagai sektor di Batam, termasuk pariwisata Batam. (dok lomba triatlon nongsa)

BATAM, RADARSATU.com – Sebanyak 112.687 wisatawan mancanegara (wisman) berwisata ke Kota Batam, menjadikan Batam sebagai daerah penyumbang terbesar kunjungan wisman ke Kepulauan Riau pada periode Februari 2024.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi semua pihak yang terus mendukung berbagai sektor di Batam, termasuk pariwisata Batam.

Rudi menyatakan bahwa kolaborasi semua pemangku kepentingan, termasuk pelaku pariwisata, menjadi kunci utama dalam peningkatan sektor pariwisata, yang merupakan salah satu sektor andalan dan pendorong ekonomi Batam.

“Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor andalan di Batam dan menjadi salah satu pendorong peningkatan ekonomi Batam,” ujar Rudi.

Rudi juga menyoroti upaya Batam dalam membangun destinasi wisata baru dan mendukung para investor di bidang pariwisata.
“Banyak restoran baru yang menjadi destinasi wisata di Batam, saat ini juga akses jalan makin luas dan beberapa rute baru antarnegara juga sudah dibuka,” tambahnya.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Batam selama bulan Februari 2024 mencapai 112.687 kunjungan. Angka ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 43,08 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada bulan Februari 2024 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura mencapai 50,97 persen dari total jumlah wisman selama Februari 2024,” ujar Ardiwinata.

Lebih lanjut, Ardiwinata menyebutkan bahwa Kota Batam juga menjadi penyumbang terbesar jumlah wisman ke Kepulauan Riau, dengan 112.687 dari total 144.802 kunjungan wisman selama bulan Februari 2024.

“Dengan jumlah kunjungan wisman sebesar itu, Kota Batam terus memperkuat posisinya sebagai tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan mancanegara,” tambahnya.

Exit mobile version