Persiapan Arus Mudik Lebaran: 213 Armada Kapal Siaga di Pelabuhan Kepri

Persiapan Arus Mudik Lebaran: 213 Armada Kapal Siaga di Pelabuhan Kepri
Dishub Kepri menyiapkan 213 armada laut untuk arus mudik lebaran (foto radar satu.com)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Dalam persiapan menyambut arus mudik menjelang Idul Fitri 1445 hijriah, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Junaidi, mengumumkan kesiapan 213 armada kapal yang tersebar di berbagai pelabuhan di wilayah Kepri.

Menurut Junaidi, armada tersebut terbagi di Pelabuhan RoRo Batam, Pelabuhan Tanjungpinang, Kijang, Batam, dan Karimun.

“Pada Pelabuhan RoRo Punggur Batam, tersedia 14 kapal RoRo, sedangkan di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, disiapkan 51 kapal untuk menghadapi arus penumpang pada mudik Lebaran tahun 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa armada tersebut akan melayani tujuan yang meliputi Batam, Lingga, Tanjung Batu, Natuna, hingga Selat Panjang.

“Di dua pelabuhan Batam, yaitu Punggur dan Sekupang, terdapat 98 kapal dengan rute ke Tanjungpinang, Lingga, Karimun, dan wilayah Provinsi Riau,” tambahnya.

Sementara di Karimun, lanjutnya, tersedia 48 kapal yang akan melayani rute antarwilayah Kepri dan antarprovinsi.

“Kami juga menambah dua kapal Pelni di Kijang, yaitu Kapal Dorolonda dengan tujuan Batam, Kijang, Medan, dan Kapal Latih Malahayati dengan tujuan Kijang – Matak – Natuna,” tambah Junaidi.

Junaidi juga menyampaikan bahwa berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), selama arus mudik Lebaran 2024, kondisi gelombang di seluruh wilayah Provinsi Kepri dalam kondisi normal.

“Dengan prediksi cuaca gelombang normal dengan tinggi 1-1,5 meter di Lingga sampai Natuna, kami memastikan bahwa kapal-kapal yang melintas tidak perlu cemas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *