Wapres Ma’ruf Amin Buka Kepri Ramadan Fair 2024, Apresiasi Kolaborasi KDEKS-BI

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meresmikan pembukaan Kepulauan Riau Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) di Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang. (Foto: Diskominfo Kepri).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meresmikan pembukaan Kepulauan Riau Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024) di Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang, Jumat (15/3/2024).

Pembukaan KURMA 2024 ditandai dengan pemotongan pita oleh Wapres Ma’ruf Amin yang disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau,  Ansar Ahmad dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau Suryono.

Usai memotong pita, Wapres Ma’ruf Amin meninjau berbagai booth layanan UMKM yang disediakan selama KURMA 2024. Layanan yang disediakan antara lain adalah Sertifikasi halal, ziswaf korner, BPOM, NIB dan PIRT, klinik kemasan, Sistem informasi industri nasional, HAKI, dan lembaga keuangan syariah.

Dalam keterangannya, Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kepulauan Riau yang menggelar KURMA 2024 dan Seminar Internasional Produk Halal Go Global yang sejalan dengan arahan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

“Ini semua kita lakukan demi meningkatkan posisi Indonesia, seperti yang kita tahu dulu kita di posisi sembilan, sekarang kita di halal industry dan pariwisata halal ada di posisi pertama,” kata Wapres.

Beliau berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Kepulauan Riau sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk dan jasa halal.

“Kita berharap daerah-daerah lain bisa mengikuti inisiatif yang dilakukan oleh Kepulauan Riau,” ujarnya.

KURMA 2024 yang digelar selama 10 hari dari tanggal 15 hingga 24 Maret ini merupakan langkah strategis bagi percepatan ekonomi dan keuangan syariah di Kepulauan Riau. Acara ini menjadi sarana bagi pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat untuk berkolaborasi menguatkan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan.

KDEKS Kepulauan Riau telah menyusun rangkaian acara KURMA 2024 yang mencakup kompetisi pondok pesantren unggulan, lembaga ziswaf unggulan, dakwah eksyar, lomba konten eksyar, lomba fashion design, kompetisi halal chef, wirausaha muda syariah, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, hingga perlombaan lokal lainnya.

Selain kompetisi, akan digelar seminar, sertifikasi nazhir wakaf, gerakan wakaf, pameran produk UMKM halal, business matching untuk ekspor, gerakan pangan murah, dan Bazaar Ramadhan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kepulauan Riau sesuai visi KDEKS yang meliputi peningkatan industri halal, penguatan lembaga keuangan syariah, optimalisasi keuangan sosial syariah, penguatan bisnis syariah digital, hingga penguatan infrastruktur dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.*

Penulis: RobbinEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *