Indeks

Monitoring Balita Stunting dan Ibu Hamil, Hasan Ajak Catat Progres Perkembangan Anak

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama ketua PKK Kota Tanjungpinang melaksanakan monitoring balita stunting dan ibu hamil dengan kondisi Kekurangan Energi Kronois (KEK). (Sumber Foto: Rob/Radarsatu.com)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama ketua PKK Kota Tanjungpinang melaksanakan monitoring balita stunting dan ibu hamil dengan kondisi Kekurangan Energi Kronois (KEK). Bersama kepala Dinas Kesehatan dan kader PKK, Hasan mengunjungi rumah balita dengan kondisi stunting dan ibu hamil KEK di jalan Satria, Kampung rejo, Kamis (25/1).

Hasan dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dalam penanganan kesehatan masyarakat perlu dilakukan monitoring secara berkelanjutan.

“Monitoring mulai dari asupan makanan hingga kondisi lingkungan rumah seperti sirkulasi udara juga ketersediaan air bersih. Jika semua terpenuhi, maka akan mempercepat dalam penanggulangan stunting,” ucapnya.

Hasan juga bersyukur atas upaya Pemerintah Kota Tanjungpinang yang didukung oleh PKK dan jajaran dinas kesehatan, angka stunting dan ibu hamil KEK telah menunjukkan penurunan.

“Itu semua berkat komitmen bersama dan kolaborasi semua pihak sehingga angka stunting semakin menurun juga kondisi balita semakin membaik. Perlu keseriusan dan pemantauan secara berkelanjutan, termasuk peran orang tua yang harus memperhatikan asupan makanan anak dan kebersihan lingkungan tempat tinggal agar kondisi kesehatan anak selalu terjaga,” sebut Hasan.

Selain itu, Hasan mengajak kader PKK terus lakukan koordinasi dari tingkat kecamatan bersama kelurahan.

“Jadwalkan turun lapangan ke rumah-rumah yang sudah terdata, catat progres perkembangan anak stunting, dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengedukasi pentingnya asupan makanan yang bergizi mulai dari masa kehamilan ibu dan pantau pertumbuhan anak dengan mengajak rutin melakukan pengecekan kesehatan ke posyandu,” pesannya.

Hasan turut mengucapkan terima kasih kepada kader PKK dan posyandu, PLKB puskesmas, yang terus konsisten melaksanakan monitoring dan memberikan bantuan asupan makanan untuk balita stunting.

“Hasil dari pemantauan yang dilakukan dan bantuan yang diberikan tersebut dapat kita lihat hasilnya, pertumbuhan balita dengan kondisi stunting semakin membaik, gizi tercukupi, dan anak-anak tumbuh dengan sehat,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya, Hasan menyerahkan bantuan susu formula dan bahan makanan pendukung untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi kepada balita stunting dan ibu hamil.

Exit mobile version