Indeks

Musnalub APEKSI, Ini Beberapa Arahan Untuk Pemerintah Daerah

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Rob)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos menghadiri Musyawarah Nasional Luar Biasa Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), yang diselenggarakan di Ballroom Puri Begawan, Kota Bogor, Jumat (15/12).

Munaslub APEKSI dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo yang dalam sambutannya menyampaikan terkait pentingnya perencanaan pembangunan di setiap kota.

“Desain kota harus disiapkan dari sekarang. Setiap kota harus memiliki rencana kota sesuai dengan keunggulan dan ciri daerah masing-masing, memiliki desain arsitektur kota, termasuk detail engineering design,” ungkap Jokowi.

Menurutnya, dengan ciri yang ditonjolkan akan menunjukkan identitas Kota tersebut.

“Sehingga kita memiliki desain kota-kota dengan keunggulan-keunggulannya. Karena banyak sekali produk-produk unggulan dari setiap kota yang membuat kota itu terkenal. Kemudian diharapkan saat perencanaan, terkonsep secara keseluruhan beserta anggarannya,” pesannya.

Usai kegiatan, Hasan menyampaikan Munaslub Apeksi kali ini sekaligus membahas pemilihan ketua dewan pengurus yang baru.

“Dikarenakan berakhirnya masa jabatan ketua Apeksi sejalan dengan berakhirnya masa jabatan sebagai Wali Kota di tahun ini,” sebutnya.

Terkait arahan Presiden mengenai perencanaan Kota, Hasan mengatakan sudah dilakukan di Kota Tanjungpinang.

“Perencanaan kota sudah dilaksanakan, dan secara berkelanjutan terus dilakukan inovasi dengan penataan Kota. Seperti penataan kawasan tepi laut juga kawasan kota lama, yang tentunya menonjolkan ciri melayu dan kekhasan lainnya yang dimiliki Kota Tanjungpinang misalnya gonggong dan menggunakan ornamen-ornamen melayu,” jelas Hasan.

Exit mobile version