25 IKM di Tanjungpinang Dilatih Disdagin Cara Pengolahan Ikan

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang menggelar Pelatihan Pengolahan Ikan. (Foto: Rob)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Dalam upaya mendukung perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) sektor produk olahan ikan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang menggelar Pelatihan Pengolahan Ikan selama dua hari, 16-17 Desember 2023, di aula hotel Comforta Tanjungpinang.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan khususnya, wawasan pelaku IKM sektoral produk olahan ikan.

“Selama ini, dukungan disdagin tidak hanya terbatas pada bantuan peralatan fisik. Kami juga memberikan pelatihan dan pembekalan teknis non-fisik, agar para IKM di Tanjungpinang tetap terkini dalam ilmu dan wawasan terkait usaha mereka. Kali ini, fokusnya pada produk olahan ikan,” ungkap Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang Riany, Sabtu (16/12/2023).

Riany berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat entrepreneur para pelaku usaha. “Kami ingin agar mereka tidak mudah menyerah di tengah tantangan yang akan datang,” tambahnya.

Dalam upaya memastikan keberlangsungan komunitas pelaku usaha olahan ikan, Kepala Bidang Perindustrian Kota Tanjungpinang, Mohammad Endy Febri, menjelaskan bahwa Disdagin Tanjungpinang menyediakan wadah komunikasi berupa grup informal bagi peserta pelatihan.

“Kami membuat grup komunikasi agar rekan-rekan IKM pengolah ikan Tanjungpinang dapat saling mendukung dan membantu satu sama lainnya. Semoga nantinya dapat berkembang ke arah forum yang lebih terikat dan terstruktur. Disdagin juga telah memberikan arahan kepada pelaku IKM sektoral lainnya untuk membentuk koperasi,” kata Endy.

Pelatihan pengolahan ikan melibatkan tiga narasumber praktisi atau pelaku usaha pengolahan ikan yang telah berhasil mengembangkan usahanya di bidang terkait.

Dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan, diharapkan peserta dapat mengoptimalkan keterampilan mereka dalam mengelola usaha olahan ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *