Jelang Nataru, Beberapa Persiapan Pengamanan Mulai Dibahas

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan pimpin rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungpinang. Rakor dilaksanakan di Restauran Kelong Shangrilla, Selasa (12/12).

Dalam rakor tersebut, Hasan menyampaikan terkait persiapan pengamanan hari besar keagamaan dan kesiapan jelang pesta demokrasi.

“Pemerintah Daerah dan Forkopimda perlu meningkatkan koordinasi terhadap persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru termasuk jelang Pemilu. Mulai dari kolaborasi untuk kelancaran dalam pelaksanaan dan pengamanannya, hingga memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok agar tidak mengalami kelangkaan atau kenaikan harga yang signifikan,” ucap Hasan.

Untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok strategis, Hasan mengatakan akan terus memantau bersama tim pengendalian Inflasi Daerah.

“Langkah-langkah konkret telah dilakukan seperti pasar murah, Gerakan Pangan Murah (GPM), juga secara berkelanjutan memastikan kepada distributor akan ketersediaan bahan pokok. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, intervensi harga pasar terhadap harga bahan pokok yang naik, dan untuk menjaga pengendalian inflasi daerah,” sebut Hasan.

Selain itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bulog akan persediaan beras.

“Persediaan digudang Bulog cukup hingga awal tahun 2024. Dan melalui dinas perdagangan melakukan operasi pasar mengecek ketersediaan gula pasir, minyak goreng, cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Untuk harga cabe merah dan bawang merah sedikit mengalami kenaikan, namun akan terus dipantau untuk mengantisipasi terjadi lonjakan harga di pasar,” ungkap Hasan.

Terkait persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Hasan mengatakan perangkatnya siap berkolaborasi bersama TNI/Polri.

“Pemko Tanjungpinang siap mendukung dan berkolaborasi bersama TNI/Polri. Satpol PP, Damkar, BPBD dan Dinas Kesehatan akan ikut serta dalam pelaksanaannya pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada di Kota Tanjungpinang,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Tanjungpinang turut memaparkan terkait kesiapan personil dan berkolaborasi dengan Forkopimda mengenai pengamanan pada objek vital seperti gereja, tempat hiburan, sarana publik, hingga tempat keramaian yang dijadikan tempat merayakan malam tahun baru.(Rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *