Gerakan Aksi Gizi di Sekolah, Hasan Ingatkan Pelajar Pentingnya Konsumsi Gizi Seimbang dan Tambahan Suplemen

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan Saat Meninjau Pemberian Vitamin Kepada Anak Sekolah. (Foto: Rob)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos menghadiri kegiatan gerakan aksi bergizi di sekolah, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi membiasakan konsumsi makanan dengan menu gizi seimbang dan aktifitas fisik, serta kesadaran siswi untuk mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD). Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanjungpinang, Kamis (30/11).

Hasan mengatakan bahwa kesehatan remaja merupakan hal yang penting, mengingat kelompok remaja tengah dipersiapkan untuk menghadapi puncak demografi pada tahun 2030.

“Maka agar tercapai, kesehatan remaja menjadi salah satu faktor penunjang yang akan menentukan kualitas generasi yang akan datang, termasuk untuk upaya pencegahan penanganan stunting di generasi mendatang” ucap Hasan.

Baca Juga :  SMAN 11 Batam Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba yang Digelar JMSI Kepri

Lanjut Hasan menjelaskan bahwa angka kejadian anemia di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevelensi anemia pada remaja sebesar 32%, artinya 3 sampai 4 dari 10 remaja menderita anemia.

“Hal ini akan berdampak pada tidak optimalnya kemampuan belajar dan prestasi di sekolah, juga menurunnya produktifitas. Secara jangka panjang, remaja putri yang anemia ketika nanti menikah, akan beresiko menjadi ibu hamil anemia, bahkan bisa menyebabkan kurang energi protein. Itu yang perlu diantisipasi,” terangnya.

Baca Juga :  Ari Sumarna Terpilih Jadi Ketua DPD II KNPI Rohil

Hasan berharap, dengan kegiatan aksi bergizi pemberian tablet tambah darah di sekolah dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kesadaran remaja putri akan pentingnya konsumsi asupan gizi seimbang.

“Sejak remaja agar membiasakan mengkonsumsi makanan kaya akan asam folat dan zat besi, serta suplementasi tablet tambah darah satu tablet seminggu sekali bagi pelajar perempuan,” pesan Hasan.

Dalam pelaksanaannya, juga dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan acara “Gerakan Nasional Aksi Bergizi”, diantaranya Senam bersama, makan bersama, Minum Tablet tambah Darah (TTD) untuk siswi, pentas seni dan penyampaian Edukasi oleh narasumber. (Rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *