Dandim 0317/TBK Vidcon Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Bersama Wapres

Dandim 0317/TBK Vidcon Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Bersama Wapres. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik mengikuti Vidcon Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 bersama Wakil Presiden RI, Mahruf Amin.

Vidcon ini dilaksanakan di Demplot milik Kodim 0317/TBK yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Pamak,  Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (1/11/2023) pagi.

Vidcon tersebut juga turut diikuti Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karimun Sukri,  Dinas Karantina Kelas ll B Tanjung Balai Karimun, Pasiter Kodim 0317/TBK Kapten INF Parianto.

Dalam vidcon tersebut, Wakil Presiden RI tiba di tenda holding diiringi dengan barisan anak – anak sekolah.

Wakil Presiden RI menerima paparan singkat dari Danrem 051/WKT tentang sekilas Integrated Farming Taman Pancasila.

Selanjutnya Wakil Presiden RI beserta rombongan menaiki kendaraan Golf Car dari tenda holding menuju tanam padi. Kemudian rombongan bergerak menaiki kendaraan Golf Car menuju lokasi cluster pertenakan.

Wakil Presiden RI beserta rombongan selanjutnya menyaksikan kegiatan kelompok tani dan Babinsa melaksanakan tabur benih ikan lele , ikan mas dan ikan patin sebanyak 10.000 eko.

Selanjutnya Wakil Presiden RI beserta rombongan tiba di lokasi pendopo/ kontainer dan beritekrasi dengan satuan TNI yang sudah ditunjuk melalui video tron.

Acara dilanjutkan dengan pemberian bansos kepada 6 perwakilan masyarakat, Sambutan Panglima TNI, Penerimaan rekor Muri dan pengumuman serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba pembuatan konten video ketahanan pangan.

Dalam arahannya, Wakil Presiden RI, Mahruf Amin menyampaikan, ketahanan pangan saat ini merupakan masalah gelobal, Indonesia jangan sampai mengalami masalah ini Padahal indonesia mempunyai banyak banyak lahan.

“Kita ingin mengoptimalkan semua lahan terutama lahan yang tidur untuk dijadikan lahan produktif  kebetulan di bawah TNI masih tidur oleh karena itu kita melakukan upaya-upaya untuk ketahanan pangan Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, hal ini juga bagian daripada tugas TNI kalau berangkat operasi militer selain perang. Sekarang badan masalah penanggulangan pertahanan pangan itu, jadi sudah seluruh kodam setelah melakukan gerakan-gerakan sehingga Insyaallah tidak ada tanah atau lahan tidur lagi.

“Dan ini memang semua kemarin juga saya meresmikan kawasan pangan nasional di Sulawesi Tengah di Kabupaten Donggala itu juga akan menjadi program pemerintah dengan sekitar 15.000 hektar,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik mengatakan, Gerakan Nasional ketahanan pangan tahun 2023 mendukung keterhubungan pangan antar wilaya.

Ini diwujudkan dalam penguatan distribusi pangan nasional berupa mobilisasi pangan dari daerah surplus ke daerah defisit yang terus di jalankan.

“Dalam rangka HUT TNI ke-78 program ketahanan pangan harus dijaga secara bersama seluruh lapisan masyarakat. Kodim 0317/ TBK bersinergi dan kolaborasi dalam ketahanan pangan dengan pemerintah daerah, instansi dan masyarakat Kabupaten Karimun,” katanya.

Penulis: RndEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *