Sarmila, Pelajar SMAN 4 Karimun Raih Juara Orasi Kebangsaan

Sarmila, Pelajar SMAN 4 Karimun saat menunjukkan kebolehannya di depan dewan juri. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Pelajar SMAN 4 Karimun, Sarmila meraih juara I lomba Orasi Kebangsaan yang digelar DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Karimun Bersama Pemuda Demokrat Indonesia Cabang Karimun, Sabtu (28/10/2023).

Sarmila mampu menggetarkan dewan juri dan para tamu undangan yang hadir lewat aksi orasinya dengan suara lantang menggunakan alat megaphone TOA (pengeras suara).

Pemenang kedua diraih peserta asal SMA Mahabodhi, Dalla Felcia, disusul Sun Ling dari SMK Budi Mulia Kundur diposisi ketiga.

Harapan pertama Berlin Ramdha Pratama dari SMAN 4 Karimun, dan Harapan Kedua Nur Alya Elisa dari SMAN 6 Kundur.

Lomba yang terdiri dari babak penyisihan (27 peserta), serta Grand Final (5 peserta) berlangsung dari siang hingga malam hari.

Di babak Grand Final, peserta diminta melakukan orasi tanpa teks, dan murni improvisasi. Selain itu, pederta juga wajib menggunakan alat megaphone TOA sebagai ganti microphone gedung.

“Panitia ingin memberikan experience yang maksimal bagi para Grand Finalis dimana mereka harus menenteng sendiri alat pengeras suara megaphone serta menampilkan orasi tanpa teks dengan tema yang sesuai dengan tema lomba,” ucap Ketua Pelaksana Lomba Arifin Chan.

Ia melanjutkan, hal ini sebagai tantangan bagi para Grand Finalis untuk menampilkan penampilan yang benar-benar selayaknya seorang orator di lapangan dalam menyampaikan ide, dan gagasannya.

Penampilan spektakuler menggunakan TOA tersebut sempat membuat Sekretaris Dispora Karimun H. Hairul, S.Pd yang hadir pada terkejut.

“Saya kaget, dan takjub dengan penampilan para orator dari kalangan pelajar di acara lomba ini. Ternyata Karimun menyimpan potensi pembicara publik yang luar biasa,” katanya.

Ketua DPC GMNI Karimun Ria Pazira, sebagai bagian dari Penyelenggara Lomba menyampaikan Apresiasi kepada seluruh pendukung yang telah mensukseskan acara.

“Kami berterima kasih atas semua dukungan dari pihak pemerintah daerah, BUMN, DPRD Karimun, OKP, Ormas, Organisasi lainnya, KNPI Kabupaten Karimun, pihak swasta, dan seluruhnya yang telah mendukung acara,” tambahnya.

Penulis: HarryEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *