Pelatihan Sispamkota Dilakukan, Hasan: Semoga Pemilu Berjalan Lancar dan Aman

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan Bersama Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu saat Sispamkota. (Foto: Ran)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Pelatihan Sistem Keamanan Perkotaan (Sispamkota) telah dilaksanakan Polresta Tanjungpinang, di halaman Stadion Sri Tri Buana, Rabu (18/10/2023).

Tujuan diadakannya Sispamkota dalam rangka persiapan pengamanan pesta demokrasi menjelang pemilu 2024.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol H. Ompusunggu selaku pemimpin apel menyampaikan dalam arahannya bahwa kegiatan simulasi Sispamkota merupakan upaya dari Polresta Kota Tanjungpinang untuk memastikan kesiapan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama persiapan dan pelaksanaan pemilu serentak 2024.

“Dengan perkembangan dinamika di lapangan, maka sangat diperlukan kesiapsiagaan pengamanan pemilu agar situasi dan kondisi masyarakat di Kota Tanjungpinang tetap dalam keadaan aman, tertib, terjaga dan kondusif,” ucapnya.

Pelatihan Sispamkota ini juga untuk menyamakan persepsi sesama petugas pengamanan dilapangan berdasarkan hubungan tata cara kerja satuan, dan dilatih untuk merespons dengan cepat dan efektif terhadap potensi ancaman yang dapat muncul selama proses pemilihan.

“Pelatihan seperti ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa semua personel kepolisian memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi situasi yang mungkin timbul selama proses pemilihan serta siap siaga dalam kondisi apapun,” terangnya.

Sementara, Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan yang langsung hadir kegiatan pelatihan sispamkota memberikan apresiasi atas kesiapan pengamanan untum menjaga kondusifitas guna mensukseskan Pemilu serentak.

“Melalui Kapolresta menggelar pelatihan bagi personel di lapangan sebagai wujud komitmen dan kesiapan semua pihak jelang pemilu. Mudah-mudahan atas segala upaya dan persiapan yang telah dilakukan akan menghasilkan pesta demokrasi yang aman dan lancar,” sebut Hasan.

Ditambahkannya, simulasi ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya bersama sebagai gambaran dan langkah yang diambil jika terjadi kerawanan situasi yang mungkin terjadi.

“Dengan adanya pelatihan simulasi Sispamkota yang  dilakukan dan telah peragakan oleh para personel gabungan ini akan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan kita dalam pengamanan saat pelaksaan pemilu. Pemko Tanjungpinang juga turut bersinergi dan berkontribusi dalam hal pengamanan melalui Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD,” pungkasnya.

Adapun simulasi yang dikakukan adalah peserta melaksanakan simulasi mulai dari pengantaran logistik pemilu, simulasi pengamanan kampanye, patroli dan memberikan imbauan kamtibmas dimasa tenang, serta simulasi tahapan pemungutan suara, penghitungan dan pengumuman hasil suara di Tempat Pemungutan Suara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *