Pemko Pekanbaru Bakal Terapkan Bayar Parkir Pakai QRIS

Plang Tarif Parkir Pemko Pekanbaru. (Foto: Media Center Riau)

PEKANBARU, RADARSATU.com – Sistem pembayaran parkir baru dengan memanfaatkan QRIS siap diterapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar mengatakan Sebelumnya, Dishub telah menerapkan metode pembayaran parkir tanpa uang tunai melalui penggunaan kartu e-money.

“Sejumlah ruas jalan utama telah kami pilih untuk menerapkan pembayaran non-tunai. Saat ini, sekitar 168 titik parkir telah dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC),” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar, Selasa (29/8/2023).

Ia menjelaskan bahwa sistem pembayaran menggunakan mesin EDC mengandalkan penggunaan kartu e-money. Namun, perlu dicatat bahwa banyak pengendara masih belum memiliki kartu e-money saat ini.

“Padahal, pengendara yang akan masuk jalan tol dan Bandara Sultan Syarif Kasim II telah menerapkan penggunaan kartu e-money. Sebaiknya, pengendara sudah memiliki kartu e-money,” saran Radinal.

Langkah ini diambil karena pembayaran melalui e-money dapat membantu mengurangi risiko kebocoran pendapatan dari sektor parkir. Selain itu, Dishub sedang aktif dalam kegiatan sosialisasi guna memperkenalkan penggunaan QRIS sebagai alternatif pembayaran parkir di daerah Panam dan Rumbai.

“Kami akan meluncurkan penggunaan QRIS nanti. Penggunaan QRIS ini masih dalam tahap sosialisasi. Karena, sebagian masyarakat sudah ada yang tak membawa uang tunai,” ucap Radinal.  (*)

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *