Demi Memenuhi Kebutuhan Air Masyarakat, BU SPAM BP Batam Bangun Jaringan Pipa Baru

Denah Rencana Pemasangan Pipa Baru Oleh BU SPAM BP Batam

BATAM, RADARSATU.com — Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam mulai membangun penguatan jaringan pipa berukuran 200mm Di Sagulung Baru dan Tiban untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat.

Direktur Badan Usaha SPAM BP Batam, Denny Tondano mengatakan, penguatan jaringan ini merupakan perintah dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi untuk terus meningkatkan pelayanan dan ketersediaan air bersih di Kota Batam.

Dirinya juga menjelaskan, pekerjaan penguatan jaringan ini untuk mendorong kapasitas air yang selama ini tidak sampai ke daerah-daerah dengan elevasi yang tinggi. Sehingga, dengan dilakukannya penambahan pipa 200 mm sepanjang 2,2 kilometer, maka tekanan air akan bertambah dan daerah dengan elevasi tinggi dapat dialiri air bersih.

Baca Juga :  Meski Diguyur Hujan, Upacara HUT Ke-76 RI di Lingga Tetap Khidmat

Terutama untuk di wilayah Patam Lestari, Perumahan Woodland, Perumahan Cipta Green Mansion dan daerah sekitarnya.

“Air ini nantinya bersumber dari Dam Sei Harapan Sekupang. Disamping kita pasang pipa, kita juga siapkan penambahan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru berkapasitas 20 lpd. Jadi dengan penambahan suplai airnya dan ditambah perkuatan pipa, insya allah bisa lancar,” ujarnya saat peninjauan di kawasan Tiban, Selasa (15/8/2023).

Begitu juga untuk di kawasan Sagulung Baru. BU SPAM BP Batam juga akan menambah jaringan pipa baru berukuran 200 mm. Untuk kawasan Sagulung Baru, BU SPAM BP Batam akan memperpendek jarak dari pipa utama. Sehingga, suplai air akan lebih cepat sampai ke daerah elevasi tinggi di kawasan Sagulung Baru.

Baca Juga :  Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi, Wabup Inhil Bentuk Setber PPNS

“kita perpendek jaraknya, supaya lebih cepat sampai. Ditambah dengan tambahan IPA 350 yang beroperasi pada September ini, tentunya itu akan sangat membantu membuat air ini semakin lancar,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan penambahan pipa 200 mm sepanjang 2,4 kilometer tersebut, akan dapat mengaliri sekitar 2.000 sambungan di wilayah Sagulung Baru, Seibinti dan Seilekop. Pemasangan pipa ini, telah sesuai dengan penghitungan dari tim teknis BU SPAM BP Batam.

“Estimasi kita untuk penguatan jaringan ini sekitar 1 bulan. Kita akan lakukan pekerjaan yang sama untuk daerah Sumberindo, Central Park dan daerah sekitarnya,” tutup Denny. (*)

Baca Juga :  Polres Tanjungpinang Periksa Kabid Stabilisasi Harga Disperindag

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.