The Jupiter Milik TNI AU Beraksi di Langit Tanjungpinang

The Jupiter Milik TNI AU Beraksi di Langit Tanjungpinang. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – The Jupiter yang merupakan julukan dari Jupiter Aerobatic Tim (JAT) TNI Angkatan Udara, tampil memukau di langit Tanjungpinang, Selasa (16/5/2023).

The Jupiter akan mengikuti Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) di Langkawi Malaysia, 23-27 Mei 2023.

Aksi demo The Jupiter dan tim itu mendapat perhatian masyarakat Tanjungpinang dan disambut oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF), Kolonel Nav Arief Budiman yang didampingi jajaran FKPD Kepulauan Riau.

Sedangkan JAT TNI Angkatan Udara dipimpin Mission Commander Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto dan Komandan Skadik 102 Letkol Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo.

Pada demo itu, JAT TNI AU menggunakan pesawat berjenis KT – 1B wong Bee itu dengan manuver Arrow Head.

Manuver Arrow Head merupakan formasi pesawat membentuk Panah. Kemudian JAT melakukan demo Over Head yang atraktif yang mengitari langit Kota Tanjungpinang.

“Ada program dari Kepala Staf Angkatan Udara selama menuju dan kembali ke daerah latihan dan homebase, kita melewati beberapa Lanud salah satunya Lanud Raja Haji Fisabilillah yang mana tujuannya untuk meningkatkan minat Dirgantara dan kecintaan terhadap TNI Angkatan Udara, “ucap Marsma TNI Dedy Susanto.

Dihadapan masyarakat, Letkol Pnb Ripdho Utomo menyatakan bahwa penyematan nama “Jupiter” pada team Aerobatic TNI Angkatan Udara mengacu pada nama panggilan instruktur penerbang.

“Jadi pesawat ini selain digunakan untuk Aerobatic juga digunakan untuk sekolah penerbang TNI AU dan sekolah instruktur penerbang TNU AU sehingga menggunakan nama “Jupiter” karena seluruh member dari anggota Jupiter Aerobatic Team (JAT) adalah instruktur penerbang TNI AU, “ujarnya.

Ia pun berharap pada ajang Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) di Langkawi, Malaysia nanti dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah dunia.

“Besar harapan kami dalam misi ini tidak hanya membawa nama baik TNI Angkatan Udara tetapi membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah kedirgantaraan dunia”. Ungkap Letkol Pnb Ripdho.

Merupakan suatu kebanggan bagi Danlanud RHF Kolonel Nav Arief Budiman., S. T., PSC(J) dalam kunjungan JAT itu, karena menjadi penyemangat serta motivator untuk menumbuhkan minat kedirgantaraan.

“Mari kita nikmati kunjungan Jupiter Aerobatic Team (JAT) disini dengan penuh kegembiraan dan kebanggaan, jadikan penyemangat dan motivator bagi generasi muda Kepulauan Riau (Kepri) khususnya Tanjungpinang untuk menumbuhkan minat dirgantara, “tuturnya.

Momen ini tentunya sambungnya sangat memorable atau berkesan tidak hanya untuk Lanud Raja Haji Fisabilillah namun untuk seluruh warga Kota Tanjungpinang dan terpenting berkesan bagi rekan-rekan media yang meliputnya. (Robbin)

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *