Dispar Anambas Gelar Lomba Menghias Gapura di Setiap Kecamatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anamba, Effi Sjuhairi, S.Sos, (Foto: istimewa).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1444 Hijriah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar kegiatan lomba menghias Gapura di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Anambas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anamba, Effi Sjuhairi, S.Sos, mengatakan, Lomba menghias Gapura dan memasang lampu colok adalah merupakan bagian dari budaya masyarakat.

“Zaman dahulu kita kenal dengan 7 likor, pasang lampu colok dengan bermacam bentuk. Sehingga menjadi menarik dan indah jika dilihat, apalagi momen menyambut semarak hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” kata Effi Sjuhairi, Rabu 12 April 2023 diruangan kerjanya.

Effi menjelaskan, saat ini perserta yang sudah mendaftar semenjak 6 April 2023 sebanyak 25 Perserta yaitu, Kecamatan Siantan 11 perserta, Palmatak 6 perserta, Siantan Tengah 2 perserta, Siantan Utara 2 perserta, Siantan Timur 1 perserta, Jemaja 2 perserta, Jemaja Timur 1 perserta dan Kute Siantan 1 Peserta.

“Sampai hari ini masih ada dua kecamatan yang belum mendaftar,” tambahnya.

Menurut Effi, pendaftaran dimulai 27 Maret s/d 13 April 2023 mendatang.

Hasil rapat Dewan Juri Selasa 4 April kemaren di Kantor Dinas Pariwista dan Kebudayaan disepakati, waktu penilaian Dewan Juri mulai 14 April s/d 17 April 2023.

“Namun rapat penentuan pemenang Dewan Juri pada 18 April 2023, kemudian dilanjutkan pengumuman sang Juara Sabtu 22/23 April di momentum malam Pawai Takbir di Kabupaten Kepulauan Anambas nantinya,” ucap Kadis Pariwisata.

Ia menambahkan, adapun hadiah bagi pemenang Juara I sebesar Rp 15.000.000, Juara II Rp 12.500.000 dan Juara III Rp 10.000.000.

Effi Sjuhairi, berharap dengan adanya Lomba Gapura ini bisa menghidupkan kembali salah satu event budaya bagian dari semarak idul fitri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *