Festival Sumpah Pemuda akan Masuk Kalender Pariwisata

Salah satu peserta Festival Sumpah Pemuda. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi setiap sudut Kota Lama, Jalan Merdeka, Tanjungpinang guna menyaksikan rangkaian acara Puncak Festival Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kepri Tahun 2022, Jumat (28/10/2022) malam.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad hadir memberikan pengarahan sekaligus menutup rangkaian acara. Hadir juga, kepaka OPD dan FKPD lengkap.

Warna-warni dan berbagai corak bentuk kostum peserta Kepri young carnival. Mereka berjalalan beriringan melalui karpet merah sepanjang Kota Lama mengawali Malam Puncak Acara bertajuk ‘Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa’ ini.

Perhelatan ini diharapkan bisa masuk agenda kalender Pariwisata.

Peserta meramaikan kembali area Kota Lama yang  sempat terasa sepi beberapa tahun belakangan. Terutama selama  pandemi covid-19 melanda.

Ini merupakan event ketiga yang diselenggarakan dengan mengambil venue Jalan Merdeka di tahun 2022. Setelah Festival Kopi Merdeka dan Rangkaian HUT ke 20 Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Lantik Wan Darussalam Sebagai Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam

Ini sejalan dengan salah satu proyek strategis Ansar dalam mempercantik Kota Tanjungpinang.

Menjadi ibukota Provinsi Kepri yakni dengan melakukan  revitalisasi Kota Lama, Jalan Merdeka yang sedang dalam proses pekerjaan.

Tampak bangunan ruko sepanjang jalan sudah dirapikan, di cat dengan berbagai warna. Serta, trotoar yang rapi tanpa ada kabel-kabel berseliweran.

Ansar pun menyampaikan rasa bahagia dan suka citanya dapat merayakan Peringatan Sumpah Pemuda bersama semangat para pemuda Kepri dengan level acara yang wah dan meriah.

“Saya merasa bahagia dan bersukacita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sejak saya kecil sampai saat ini, ini merupakan yang terbesar yang dilaksanakan di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang khususnya” ungkap Gubernur Ansar.

Baca Juga :  Polres Tanjungpinang Bekuk Pelaku Jambret

Kemudian Ansar menyampaikan apresiasi nya kepada panitia pelaksana kegiatan yang mempersiapkan acara ini dengan maksimal. Menurutnya event ini akan dievalusi dan dilaksanakan kembali tahun depan.

“Kemudian kita masukkan ke dalam kalender pariwisata internasional Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan kolaborasi Pemprov dan Pemko serta Pemkab se Kepri bisa mengakselerasi lajunya pembangunan” harapnya.

Ansar pun mengutip kata-kata yang pernah diucapkan oleh Franklin D. Roosevelt.

“We cannot always build the future for our youth, but we can build our youth for the future” yang artinya, “Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk pemuda kita, tetapi kita dapat membangun pemuda kita untuk masa depan”.

Baca Juga :  Resmi Dilantik, Isdianto Minta Rahma Serius Tangani COVID-19

“Yang sampai saat ini, menjadi semboyan semangat pemuda untuk berkarya membangun kreativitas. Di era revolusi 4.0 saya ingin pemuda mampu bersaing di berbagai bidang digital. Untuk itu program digitalisasi daerah akan terus kita dorong” kata Ansar.

Usai memberikan pengarahan, Ansar bersama pimpinan Forkopimda Kepri berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba. Mulai offline maupun online sebagai bagian dari festival.

Acara pun dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Wonderland Indonesia oleh Sanggar Tari Kreasi Guru Bintan Timur.

Di akhiri Pembacaan Gurindam, Penampilan Muhammad Wiratama Riswanto, Siswa SLBN 1 Tanjungpinang serta penampilan beberapa artis ibukota diantaranya Novi Ayla, Dahlia KDI, serta Rini Andriyani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.