Empat Tahun Kepemimpinan, Rahma-Endang Sampaikan Terima Kasih pada Masyarakat

TANJUNGPINANG,RADARSATU.COM – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma dan Wakil Wali Kota Endang Abdullah menyampaikan capaian kinerja pemerintah kota Tanjungpinang empat tahun terakhir dalam program dialog lintas Tanjungpinang pagi, di studio RRI Tanjungpinang, Kepri, Kamis (22/9/2022).

Wali Kota Rahma menyampaikan bahwa dalam masa pemerintahan periode kami, Syahrul-Rahma, dilanjutkan Rahma-Endang, ada kondisi satu hal yang tidak pernah kami bayangkan yaitu cobaan pandemi covid-19 dan ayah Syahrul dipanggil Allah pada 28 April 2020.

Artinya masa ini sesuatu yang tidak pernah kita duga, namanya musibah, tapi roda pemerintahan harus terus berjalan.

“Semua rencana program kerja berubah menjadi penanganan covid-19. Karena harus menangani bagaimana masyarakat kita sehat, ekonomi tetap bergerak,” ucapnya.

Pasca pandemi ini, kata dia, tentunya tidak semua dapat kami selesaikan sesuai dengan RPJMD atau janji visi misi kami. Karena penanganan ini harus kami lakukan dengan cepat, tanggap, respon, dan peduli terhadap kondisi masyarakat.

“Namun, apa yang bisa kami selesaikan, alhamdulilah terselesaikan,” ujarnya.

Rahma bersyukur, berkat kolaborasi dengan berbagai pihak dan dukungan dari jajarannya serta doa masyarakat, beberapa fokus utama seperti seragam sekolah gratis, lampu penerangan jalan, penanganan banjir, penyediaan air bersih, serta pembangunan gedung kantor, puskesmas, mall pelayanan publik, hingga rumah singgah, dapat terealisasi selama empat tahun pemerintahannya.

Baca Juga :  Kepri Bertambah 24 Kasus Positif COVID-19, Salah Satunya Meninggal Dunia

Selain itu, upaya pemulihan ekonomi juga terus kami lakukan dengan memberikan dukungan kepada pelaku IKM/UMKM dan petani lokal, baik berupa bantuan peralatan dari CSR Bank Riau Kepri Syariah, pelatihan, fasilitasi sertifikasi halal, subsidi solar, bantuan alat pertanian, dan sebagainya.

Begitu pula beberapa progres pembangunan yang akan dilaksanakan tahun mendatang.

“Kami terus berupaya berorientasi pada pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ucapnya.

Pada prinsipnya, lanjut Rahma, segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan masyarakat saya prioritaskan yang paling utama, karena dirinya paham betul bahwa hari ini dampak yang harus dirasakan itu cepat, tanggap, peduli, dan terukur.

“Karena, kita harus bangkit bersama-sama untuk bisa ekonomi pulih seperti sedia kala,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini juga, ia atas nama pemko dan pribadi, selama ini tentu kolaborasi yang luar biasa membantu saya sampai di titik empat tahun ini adalah FKPD dan stakeholder yang luar biasa hadir bersama kami, bahkan suka duka bersama.

Masyarakat Tanjungpinang yang juga luar biasa mensuport kami, kritik, saran, dan masukan tentunya menjadi kewajiban saya bersama jajaran untuk merespon dengan baik, peduli, dan tanggap.

Begitu pula, tokoh masyarakat, agama pemuda, organisasi, terutama yang istimewa seluruh insan pers yang membentuk saya menjadi lebih tangguh dan mendorong saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  SAR Cari Kapten Kapal Tug Boat Tenggelam di Perairan Batu Ampar Batam

Seluruh pegawai pemko, mulai dari sekda sampai staf yang setia mendampingi saya dalam suka maupun duka.

“Saya (Rahma) dan pak Endang mengucapkan terima kasih atas semua dukungannya selama empat tahun ini,” ucapnya.

Wakil Wali Kota, Endang Abdullah mengatakan  bahwa saat dirinya dilantik sebagai wakil wali kota pada 28 Juni 2021 untuk mendampingi ibu wali kota, tentu tugas saya membantu kepala daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.

Saat itu, kita dihadapkan dengan kondisi pandemi covid-19, sehingga semua kegiatan itu terkonsentrasi untuk mengatasi situasi tersebut.

“Alhamdulillah, dengan kerja sama berbagai pihak, baik TNI, Polri, instansi vertikal, tenaga kesehatan, masyarakat, dan semua unsur kita berhasil mengatasi pandemi covid,” ucapnya.

Dan terbukti, upaya kerja sama serta kolaborasi itu terbukti dengan program capaian vaksinasi kota Tanjungpinang terbaik,” tambah dia.

Sebagai tugas saya membantu wali kota, kata Endang, membangun komunikasi dengan berbagai pihak juga terus dilakukan, baik internal maupun eksternal.

Bahkan beberapa kesempatan juga, saya ditugaskan untuk membangun komunikasi dengan pemerintah pusat guna menjemput program yang cocok dan proporsional di kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Hanya Sekitar 3 jam, Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang Ungkap 3 Kasus Narkoba

“Alhamdulillah, beberapa program kita juga mendapat suport dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah, Zulhidayat menyampaikan dalam rangka menggerakkan pembangunan di kota Tanjungpinang, tentu ASN adalah ujung tombaknya.

Kami mengapresiasi dan bersyukur sebagai bagian dari ASN ibu wali kota, almarhum pak Syahrul juga pak Endang yang sangat memperhatikan poin pertama adalah kesejahteraan pegawai.

Sampai saat ini, tentu saya pikir kesejahteraan pegawai Tanjungpinang cukup membuat saudara-saudara kami yang ada di daerah lain tertarik untuk bisa bergabung di pemko Tanjungpinang

“Komitmen beliau memang sampai hari ini tetap mempertahankan itu, di tengah saudara-saudara kita yang lain di kabupaten kota lain mengurangi,” ucapnya.

Menurutnya, salah satu harapan ibu wali kota mempertahankan kesejahteraan pegawai karena beliau berharap optimalisasi dari kinerja kita. Strategi beliau ini, pertama memberikan hak kami, baru dituntut kewajiban kita.

“Kewajiban kami sudah dituntut, salah satunya dengan diberlakukannya aplikasi SIAP, jadi kami harus datang dan pulang kantor tepat waktu, jika tidak akan di potong. Begitu juga, optimalisasi kinerja kami untuk menggenjot PAD,” ucap sekda.

Kendati demikian, tentu tujuannya sebagai upaya menggerakkan ASN dalam rangka mengejar visi misi beliau maupun harapan-harapan masyarakat kota Tanjungpinang terkait pelayanan publik,” tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.