Provinsi Fujian Tiongkok Bahas Kerjasama Sister Province Bersama Pemprov Kepri

Provinsi Kepulauan Riau melakukan rapat bersama Provinsi Fujian, Tiongkok membahas lanjutan kerjasama Sister Province yang berlangsung di ruang Rapat Kantor Gubernur Kepri. (Foto: Istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Provinsi Kepulauan Riau melakukan rapat bersama Provinsi Fujian, Tiongkok membahas lanjutan kerjasama Sister Province yang berlangsung di ruang Rapat Kantor Gubernur Kepri, Kamis (18/8/2022).

Rapat tersebut dihadiri setidaknya sebelas OPD perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dan empat orang Perwakilan Penghubung Provinsi Fujian Tiongkok untuk Kepulauan Riau T. Cintarso, Djohan Nurdin, Casino dan Belladina.

Rapat tersebut juga diikuti Pemerintah Provinsi Fujian Tiongkok, Konsulat Jendral China, Divisi Asia dari Kantor Urusan Luar Negeri Pemerintah Rakyat Tiongkok dan, beberapa departemen yang ada dalam Provinsi Fujian.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan ke 4 antara kedua belah pihak dalam urusan kerjasama persahabatan antar Fujian dan Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Ikut Semarakkan HUT Kabupaten Karimun, PT Timah Serahkan Bantuan ke TOK Fishing Tournament 2022

Dimana sebelumnya perwakilan Fujian telah mengajukan proposal kerjasama Persahabatan antara Provinsi Fujian dengan Provinsi Kepulauan Riau di Konjen Repulik Rakyat Tiongkok Medan beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan Provinsi Kepri melalui Kepala Biro Pemerintahan dan OTDA menyampaikan apresiasi kepada pihak Provinsi Fujian.

“Kita akan segera menetapkan garis besar LOI (Letter Of Inten) maupun naskah kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) antara Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Fujian sesuai Arahan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang menyetujui dan minginginkan Kerjasama Persahabatan ini berjalan,” kata Zul.

Baca Juga :  Menguatkan Peran Media Dalam Menangkal Hoaks dan Radikalisme

Zul juga menjelaskan bahwa harus ada akselerasi antara kedua Provinsi disegala bidang terutama dalam sektor Maritim dan Tourism.

Sementara itu, Wakil Direktur Kantor Luar Negeri Fujian, lHuang Shao Rong meyampaikan, stidaknya Fujian saat ini konsen pada 4 sektor yang diharapkan bisa meningkatkan prekonomian utama yaitu, bidang keterampilan, ekonomi hijau, ekonomi maritim dan budaya.

LO Perwakilan Penghubung Provinsi Fujian Tiongkok Belladina dalam keterangannya menyampaikan setelah hari ini kedua pihaknya bersama Provinsi Kepulauan Riau sepakat untuk menyusun draft LoI dan MoU untuk ditandatangani antara Fujian dan Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi Batam dan Keajaiban Pasar Kaget

Beberapa program strategis lintas sktor juga akan disiapkan sehingga kerjasama persahabatan antara Provinsi Fujian Tiongkok dan Provinsi Kepualauan Riau bisa berjalan dan saling menguntungkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.