Lestarikan Warisan Budaya Lingga Dengan Menggelar Pelatihan Membuat Tudung Manto

Disnakertrans Kabupaten Lingga bekerjasama dengan Dekranasda Lingga menggelar pelatihan pembuat Tudung Manto yang berlangsung selama 15 hari sejak 7 hingg 21 Maret 2022 di gedung Lembaga Adat Melayu, Senin (21/3/2022). (Foto: istimewa).

LINGGA, RADARSATU.COM – Disnakertrans Kabupaten Lingga bekerjasama dengan Dekranasda Lingga menggelar pelatihan pembuat Tudung Manto yang berlangsung selama 15 hari sejak 7 hingg 21 Maret 2022 di gedung Lembaga Adat Melayu, Senin (21/3/2022).

Plt. Kepala Disnakertrans Kabupaten Lingga, Sabirin pada awal sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga Maratusholiha yang telah ikut berjibaku menyukseskan penyelenggaraan kegiatan pelatihan pengerajin tudung manto ini.

Selain itu beliau juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan memberikan apresiasinya kepada senior, pelatih, dan pengerajinan pemula yang telah berupaya ingin tetap menghidupkan dan melestarikan warisan budaya Melayu Lingga.

Baca Juga :  Suherman Bentuk Lang Laut Tanjungpinang, Sapardi Terpilih Sebagai Panglima Muda

“Dengan kita menjaga dan melestarikan salah satu nilai historis ini, semoga kita semakin banyak mendapati pengakuan-pengakuan dari peminat tudung manto,” ujarnya.

Ditempat yang sama pula Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga, Maratusholiha juga menyampaikan dan berpesan kepada pengerajin pemula agar tetap semangat dan terus melatih diri untuk hasil yang lebih maksimal.

“Tetap semangat, terus berlatih dan kita harus bangga karena ini adalah bagian dari upaya kita cinta dengan hasil karya kita sendiri dan tentu ini pula adalah upaya kita melestarikan warisan budaya Kabupaten Lingga yang telah mendapatkan pengakuan resmi dan ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2015 lalu.

Baca Juga :  Jaga Keamanan dan Keharmonisan Kota Tanjungpinang

“Saya berharap kepada para pengrajin agar tetap eksis dibidang tersebut untuk betul-betul menekuni pembuatan Tudung Manto itu. Dan saya ingin hasil dari yang telah kita buat nantinya akan kita pamerkan di Sekretariat Dekranasda Kabupaten Lingga,” katanya.

Usai memberikan sambutan, Ketua Lembaga Adat Melayu yang sekaligus sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga mewakili Bupati Lingga menutup resmi kegiatan pelatihan tekat tudung manto yang sudah berlangsung selama 2 pekan.

Diketahui, hadir pada kegiatan penutupan pelatihan pembuat Tudung Manto ini, Plt. Kadisnakertrans Kabupaten Lingga, Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Sosial, Staff Disperindagkop, Seketaris PKK Kabupaten Lingga, tokoh pengembang Tudung Manto, tokoh masyarakat serta seluruh tamu undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.