Pemkab Lingga Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian Baru

Bupati Lingga, Muhammad Nizar dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Gedung Daerah, Dabosingkep, Senin (14/2/2022).

LINGGA,RADARSATU.com – Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar rapat kordinasi Satgas Covid-19 bersama Forkompinda di Gedung Daerah, Dabosingkep, Senin (14/02/2022).

Rakor merupakan persiapan dan kesiagaan dini daerah menyikapi peningkatan kasus Covid-19 varian baru di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Kepulauan Riau.

“Kita hari ini berupaya, sebagai langkah kesiagaan. Bukan karena lalai, atau sudah ada kasus Covid-19. Jadi ini sebagai langkah persiapan diri, dan antisipasi itu,” kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Senin (14/2/2022).

Dalam rakor itu, Nizar meminta agar permasalahan penginputan data vaksinasi segera terselesaikan.

Secara manual Lingga sudah terbilang cukup baik pada capaian vaksinasi, namun dalam input data secara online Lingga masih minim vaksinasi.

Begitu juga, terkait kendala pada penggunaan mesin PCR, ia berharap agar segera terselesaikan.

Ia juga meminta optimalisasi tempat isolasi yang tersedia untuk mengantisipasi temuan kasus.

“Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, berkaitan dengan data input vaksinasi dan PCR inikan teknis. Jadi segera lakukan rapat, nanti hasilnya diberitahukan,” ujarnya.

Selain itu, izin keramaian juga perlu dievaluasi dan diperketat dengan protokol kesehatan, walaupun Lingga masih berada di level 1.

“Salah satu solusi itu dor to dor, tim vaksin harus kompak. Walaupun sakit-sakit, karena ini tanggungjawab harus segera dikerjakan,” ucapnya.

Nizar mengakui, tahun 2022 tidak ada anggaran untuk penanganan Covid-19 dan bisa di atasi menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dengan menetapkan status bencana.

Kendati demikian, Nizar berharap meminta penggunaan anggaran BTT berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tingkat provinsi.

Terakhir, Nizar meminta koordinasi antar instansi vertikal yang kuat dalam menangani varian baru.

Ia turut mengapresiasi kekompakan FKPD Lingga yang berjibaku menangani pasien Covid-19 yang sempat membludak.

“Semoga langkah-langkah kita untuk mengantisipasi covid ini dapat berjalan baik dan baik untuk daerah kita,” tambahnya.

(Agus)
Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *