Serahkan DPA ke OPD, Bupati Lingga: Dikelola dengan Baik, Efektif dan Efisien

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2022 kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Junjungan Negeri, Daik, Senin (24/1/2022).

LINGGA,RADARSATU.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2022 kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Junjungan Negeri, Daik, Senin (24/1/2022).

Penyerahan DPA ini, sebagai dasar dimulainya pelaksanaan anggaran tahun 2022. Adapun total pagu anggaran Rp 853.502.688.285 dibagikan ke 41 OPD.

Kepada Kepala OPD, Nizar menegaskan agar DPA dikelola dengan lebih baik, efektif dan efisien.

Ia menaruh harapan besar dengan anggaran yang telah ditetapkan tersebut, tiap OPD dapat bekerja maksimal menjalankan berbagai progam dan rencana-rencana kerja.

“Saya mohon kerjasamanya, masyarakat berharap banyak, Bupati Wakil Bupati dan DPRD juga berharap banyak dengan teman-teman OPD dengan pagu yang telah ditetapkan segeralah untuk dikelola sebaik-baiknya,” pintanya, Senin (24/1/2022).

Nizar mengimbau agar Kepala OPD memperhatikan setiap laporan, program rencana kerja harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini penting mengingat banyak kasus korupsi yang melibatkan para pejabat negara.

“Tahun 2022 ini banyak laporan-laporan terkait OTT dan tindakan-tindakan korupsi, karena tergiur dengan APBD. Makanya, hal ini perlu diperhatikan dan perlu dikelola dengan seksama, dilakukan dengan baik sesuai mekanisme laporan yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Nizar mengingatkan agar OPD yang belum melaporkan pajak agar segera menyelesaikannya paling lambat 31 Januari 2022.

Apalagi, Lingga sudah ditetapkan oleh Kemendagri sebagai salah satu Kabupaten rujukan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) se Indonesia.

“Berkaitan dengan pajak agar segera diselesaikan, maupun rekap OPD berkaitan dengan SIMDA segera diselesaikan. Jangan sampai ada cerminan buruk, karena kita sudah menjadi tempat rujukan SIPD,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nizar tidak ingin dalam perjalanan nanti pada pelaporannya menjadi temuan-temuan baru dari Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) yang hari ini sangat intens berkoordinasi dengan BPK.

Kepada Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Nizar juga meminta untuk terus memantau dan mengevaluasi dalam pergerakan pengelolaan pagu anggaran yang telah diserahkan ke OPD-OPD ini, agar dapat sesuai dengan program yang telah direncanakan, terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Nizar juga berharap agar OPD yang masih lemah dalam penyerapan anggaran dan merealisasikan belanja minimal 80 persen di tahun ini.

“Kalau kita fokus, insyaallah akan memberi yang terbaik untuk masyarakat, sesuai dengan yang telah tertuang didalam DPA ini,” tambahnya.

(Agus)
Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *