APJII Ajak JMSI Kepri Kolaborasi Dukung Transformasi Digital Nasional

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Provinsi Kepri menyambangi sekretariat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri di Komplek King Business Centre, Blok A5 No.18-19 - Batam Centre. Rabu, (12/1/2022).

BATAM,RADARSATU.com – Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Provinsi Kepri, Donal Pangihutan mengajak Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri membangun semangat kolaborasi mendukung transformasi digital nasional.

Itu ia sampaikan saat menyambangi sekretariat JMSI Kepri di Komplek King Business Centre, Blok A5 No.18-19 – Batam Centre. Rabu, (12/1/2022).

Kedatangan kelompok pengusaha jaringan internet itu guna memperkenalkan komposisi formatur baru di asosiasi itu.

Donal Pangihutan terpilih menjadi Ketua APJII Kepri sejak Desember 2021 lalu dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) yang digelar di Convention Hall Harris Resort Barelang. Dia akan memimpin APJII hingga tahun 2024 mendatang.

Baca Juga :  Pelanggar Protokol Kesehatan Di Tanjungpinang Akan Didenda Rp50 Ribu Hingga Rp100 Ribu

“Sehingga dalam 3 tahun masa kepemimpinan kami, kami ingin membuat banyak gebrakkan agar masyarakat Kepri dapat open minded terhadap literasi internet,” Rabu (12/1/2022).

Selain itu, kerja besar yang akan digerakkan APJII Kepri adalah pembangunan infrastruktur dan ekosistem digital di Kepri untuk mendukung transformasi digital nasional. Donal menyebutkan jika segala infrastruktur sudah dipersiapkan, nantinya warga di Kepri akan dapat mengakses internet dengan cepat dan sangat-sangat murah.

“Dengan terbentuknya ekosistem yang lebih baik, maka semakin besar kemanfaatan bersama yang bisa kita raih,” ucapnya.

Lebih lanjut, Donal memaparkan manfaat dari infrastruktur digital Itu akan terdapat juga peluang untuk kerja sama dalam hal platform serta vertical apps untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang selama ini belum tersentuh oleh digitalisasi.

Baca Juga :  BP Batam Meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020

Selain menyediakan konektivitas yang cepat, nantinya infrastruktur digital ini juga akan mendukung lahirnya platform dan vertical apps yang dapat dikolaborasikan bersama pelaku UKM, pelaku bisnis digital dan semua warga internet Kepri.

“Saat ini, banyak UMKM di Kepri melakukan aktifitas perdagangan online melalui aplikasi Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Nantinya APJII akan membangun platform horizontal Indonesia berbasiskan komputasi lokal agar kita mampu independen secara teknologi serta memanfaatkan Big Data untuk mendorong terbentuknya opportunity baru,” jelas Donal

Sementara itu, Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna mendukung penuh program APJII untuk membangun big data dan memperbaiki literasi internet di kalangan masyarakat Kepri.

Baca Juga :  Irsal Rasyid Terpilih Memimpin IKAMI Sulsel

“Pembangunan infrastruktur big data sangat dibutuhkan di Kepri, terutama di Batam, apalagi kita berhadapan dengan Singapura dan Malaysia, kita merupakan kota atau
kepulauan bertaraf internasional, maka kualitas jaringan internet kita juga harus bagus,” katanya.

Selain itu, sebagai kota yang mengusung konsep smart city, Eddy menyebut harusnya Batam atau Kepri sudah dapat membangun infrastruktur independen di Kepri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.