Waka III DPRD Kepri Panen Bersama Kelompok Budidaya Ikan Nelayan Senja Galang

Wakil Ketua III DPRD Kepulauan Riau, dr. T. Afrizal Dachlan tengah panen bersama Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Nelayan Senja Galang, Pulau Petong Kecamatan Galang, Kota Batam, Kamis (30/12/2021).

BATAM,RADARSATU.COM- Wakil Ketua III DPRD Kepulauan Riau, dr. T. Afrizal Dachlan panen bersama Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Nelayan Senja Galang, Pulau Petong Kecamatan Galang, Kota Batam, Kamis (30/12/2021).

Pokdakan ini merupakan kelompok budidaya bimbingan dr. T. Afrizal Dachlan dari hasil aspirasinya tahun 2021 sebagai Anggota DPRD Kepri untuk nelayan Pulau Petong Galang.

Afrizal berpesan agar nelayan dapat mengembangkan budidaya ikan dan mendukung program Pemprov Kepri untuk memaksimalkan budidaya ikan.

Ia pun berkeyakinan, Pokdakan yang ia bina ini mampu menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk menjadi nelayan budidaya disamping nelayan tangkap.

Baca Juga :  Remaja Mandi di Dermaga Piayu Laut, Lalu Hilang

“Semoga pokdakan ini pula mampu menjadi motivasi masyarakat lain membuat pokdakan-pokdakan baru untuk mendukung program provinsi dalam mengoptimalkan budidaya ikan di kepulauan,” katanya, Kamis (30/12/2021).

Ketua Pokdakan Nelayan Senja Galang, Mulyadi mengatakan, ia merasa puas dengan hasil panen pertama ini karena maksimalnya proses pembesaran ikan.

Sehingga hasil panen terbilang sudah mencapai target dari rencana panen 6 bulan menjadi hanya 4 bulan dengan bobot 6 hingga 8 ons pada panen pertama.

“Kita bersyukur dalam proses pembesaran ikan sudah maksimal terutama dalam pemberian pakan yang cukup dan lokasi keramba yang sesuai dengan kondisi ikan, sehingga bobot ikan saat panen gemuk,” ucapnya.

Baca Juga :  Fraksi PKS Minta Pemko Tanjungpinang Sigap Tangani Korban Banjir

Mulyadi menyebut, panen pertama ini menghasilkan 627 kg dengan berat rata-rata 6-8 ons dan masih tersisa ikan dengan berat 5 ons yang belum cukup untuk dipanen sebanyak 300 ekor dalam keramba.

“Dari panen pertama kami menghasilkan 627 KG dengan total ikan dengan berat 6-8 ons,” sebutnya.

Lulusan sarjana kelautan dan perikanan UMRAH itu berharap dengan adanya Pokdakan hasil aspriasi dari dr. T. Afrizal Dachlan ini mampu menjadi role model bagi pembangunan budidaya ikan bagi nelayan lain di daerah terluar.

Baca Juga :  BKDI BP Batam Serahkan 355 Paket Bingkisan Ramadhan

Ia juga berharap agar Pokdakan ini menarik perhatian Pemko Batam untuk memaksimalkan potensi maritim di daerah, khususnya budidaya ikan.

(Ravi)
Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.