Kapolres Karimun Beberkan Hasil Kinerja Jajarannya Sepanjang 2021

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano saat memaparkan hasil kinerja jajaranya sepanjang tahun 2021

KARIMUN, RADARSATU.COM – Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano membeberkan hasil kinerja jajaranya yang berhasil mengungkap sejumlah kasus sepanjang tahun 2021.

Ia mengatakan, jumlah tindak pidana tahun 2021 menurun dibanding dengan jumlah kasus tahun sebelumnya. Tercatat, jumlah kasus di tahun 2020 sebanyak 199 kasus, sedangkan di tahun 2021 hanya 188 kasus.

Sementara, jumlah penyelesaian tindak pidana tahun 2020 tercatat sebanyak 126 kasus dan di tahun 2021 ada 139 kasus.

Sedangkan untuk pengungkapan kasus narkoba tahun 2021 mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di tahun 2020 tercatat 49 kasus dengan tersangka sebanyak 85 orang diantaranya 78 laki-laki dan 7 orang perempuan serta jumlah barang bukti narkotika jenis ganja 478.65 gram, sabu-sabu 8.641,28 gram, pil ekstasi 29 ½ butir, happy five 356 dan key sebanyak 411,6 gram.

Sementara di tahun 2021 ada 66 kasus dengan pengungkapan barang bukti jumlah besar yakni 1kg narkotika jenis sabu-sabu dengan modus operandi dimasukkan kedalam anus untuk di bawa ke Samarinda.

Sedangkan pengungkapan narkotika jenis sabu-sabu jaringan Internasional (Malaysia) sebanyak 6.508 gram dari pelaku berinisial NJ.

Sebanyak 66 kasus tersebut terdapat 124 tersangka yang diantaranya 118 laki-laki dan 6 perempuan dengan jumlah barang bukti narkotika jenis ganja 1.239,33 gram, sabu-sabu 11.505, 34 gram, pil ekstasi : 7 ¾ butir dan pil happy Ffve : 5.967 Butir.

Tidak sampai disitu, Polres Karimun juga berhasil mengungkap kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh oknum guru Ponpes serta penggagalan pengiriman 12 PMI (Pekerja Migran Indonesia) ke Malayasia melalui jalur tikus.

Kemudian, berhasil melakukan penangkapan pelaku DPO (Daftar Pencarian Orang) 3 tahun atas kasus penganiayaan, ungkap kasus pembakaran lahan, ungkap kasus tindak pidana aborsi dengan menggunakan obat-obatan tertentu yang beli secara online.

Pengungkapan kasus pencurian sepeda motor, ungkap kasus pencurian dengan kekerasan (Jambret), ungkap kasus persetubuhan anak dibawah umur, kasus perjudian dan kasus penyelundupan Timah.

Selain itu, Kapolres juga memaparkan beberapa data Laka lantas. Di tahun 2020, Satlantas Polres Karimun mencatat sebanyak 47 kasus, sedangkan di tahun 2021 ada 49 kasus.

Diketahui, sepanjang tahun 2021, Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano telah menggagas program unggulan (inovasi) diantaranya, program vaksinasi Presisi Polres Karimun Nasi Kapau (Vaksinasi Jangkau Pulau-pulau).

Program kaksinasi Presisi Polres Karimun Go To School” Program vaksinasi Presisi Polres Karimun Door To Door, Program Vaksinasi Presisi Lansia, Patroli KRYD dan Imbauan Protokol Kesehatan.

Bakti sosial yang dilaksanakan setiap hari Jumat, Program Simantap (Sim Antar Pulau) yang dilaksanakan oleh Satlantas dalam memberikan pelayanan SIM kepada masyarakat dan Program Podasilau (Polisi Cerdas Masyarakat Pesisir dan Pulau) yang dilaksanakan oleh Satpolairud Polres Karimun.

Selain itu, Kapolres juga kerap melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan sinergitas di wilayah hukum Polres Karimun.

Salah satunya, menyambangi ke Kantor Instansi Pemerintah Kabupaten Karimun, temu ramah Kapolres Karimun dengan Insan Pers dan temu Ramah Kapolres Karimun dengan masyarakat.

Penulis: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *