Polres Karimun Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2021

Bupati Karimun Aunur Rafiq memasang Pita tanda Operasi lilin 2021 dimulai

KARIMUN, RADARSATU.COM – Polres Karimun melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin 2021 yang digelar di Gedung Rupatama Polres Karimun, Kamis (23/12/2021).

Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema ” Melalui apel gelar pasukan operasi lilin 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun baru 2022.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang menghadiri apel itu membacakan amanat Kapolri tentang Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) dihadapan para pejabat TNI, Polri dan instansi lainya serta para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

“Sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun baru diberbagai lokasi.

“Hal ini akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran COVID-19,” katanya.

Rafiq mengatakan, pada pelaksanaan Nataru tahun ini perlu lebih berhati-hati, khusunya dalam mengantisipasi penyebaran Varian COVID-19 jenis B. 1.1.529 (OMICRON) yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara.

Ia menjelaskan, Varian OMICRON memiliki kecepatan penyebaran 5 kali lebih cepat dari Varian Delta. Saat ini telah ditemukan di 103 Negara dengan total 105.272 kasus dan termasuk di Indonesia sebanyak 5 orang telah teridentifikasi tertular Varian OMICRON.

“Oleh karena itu diharapkan kepada semua masyarakat jangan sampai terjadi penularan lokal. Kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik, kita pertahankan kasus aktif tetap rendah.

“Kita harus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi COVID-19 dengan mengedepankan azas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi “Salus Populi Suprema Lex Esto,” jelasnya.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainya menyelenggarakan operasi lilin 2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Untuk fokus pengamanan adalah Gereja, Tempat wisata, Pusat perbelanjaan, Obyek perayaan tahun baru, Terminal, Pelabuhan, Stasiun kereta api dan Bandara yang akan mengerahkan personil TNI, Satuan pamong praja, Dinas perhubungan, Dinas kesehatan, Pramuka, Pemadam kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainya.

“Sedangkan untuk kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan di seluruh Indonesia,” papar Rafiq membacakan amanat Kapolri.

Sementara itu, di Kabupaten Karimun terdiri dari 7 pos pelayanan 1 pos pengamanan 7 pelabuhan dan 42 gereja. Polres Karimun telah mengerahkan 207 persnonil Polres, ditambah 134 personil dari gabungan instansi terkait antara lain TNI, Dishub, Dinkes KSOP, Pol PP, Senkom, Basarnas dan Satgas COVID-19.

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano menambahkan, ia mengajak seluruh instansi untuk melaksanakan operasi tersebut dengan penuh tanggungjawab dan membutuhkan dukungan masyarakat.

“Mari kita laksanakan operasi ini dengan penuh tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat. Tingkatkan semangat dan rasa kebersamaan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi Lilin 2021.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil TNI-Polri, Pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi lilin 2021 ini. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Penulis: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *