BINDA Kepri dan Pemkab Karimun Luncurkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

KARIMUN, RADARSATU.COM – Program serbuan vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun telah resmi diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri yang akan diselenggarakan diseluruh Kabupaten/kota, Jumat (17/12/2021).

Peluncuran program serbuan vaksinasi COVID-19 terhadap anak berusia 6 hingga 11 tahun ini dibuka oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, melalui rapat virtual yang disaksikan Bupati Karimun, pejabat BIN daerah Karimun serta unsur instansi vertikal yang berlangsung di SD 001 Karimun.

Pelaksanaan vaksinasi ini dikemas secara menarik dengan menghadirkan maskot beberapa tokoh kartun agar tidak menimbulkan ketakutan bagi para siswa ketika disuntik vaksin serta memberikan rasa nyaman bagi para siswa.

Dengan adanya maskot beberapa tokoh kartun tersebut terbukti cukup mengundang antusias para murid untuk mau melakukan vaksin dengan didampingi oleh orang tuanya masing-masing.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya menargetkan pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi ini akan dapat mengakomodir sebanyak 3.000 anak untuk dosis ke I dengan jenis vaksin Sinovac. Sementara total capaian target vaksinasi secara menyeluruh sebanyak 28 ribu anak.

“Untuk hari ini ditargetkan 3.000 dosis. Seluruhnya tersebar di 13 titik yang ada wilayah Karimun. Sedangkan target keseluruhan sebanyak 28 ribu termasuk sekolah PAUD. Target itu kita harapkan dapat terselesaikan hingga akhir Januari 2022 mendatang,” katanya.

Rafiq optimis pencapaian target pada vaksinasi kategori ini dapat berjalan dengan baik. Apalagi, meliht pelaksanaan vaksinasi untuk beberapa kategori lainnya bisa tercapai.

“Jika melihat antusias pada hari pertama ini, kita optimis target itu akan dapat tercapai tidak lebih dari satu bulan. Namun tentu tetap upaya sosialisasi diberikan kepada masyarakat, karena kita melihat yang sebelumnya,” ujarnya.

Rafiq menambahkan, untuk kategori vaksin usia 18 tahun ke atas di Karimun saat ini sudah mencapai 85 persen, vaksin usia 12 hingga 17 tahun 95 persen, vaksin lansia 65 persen, dan vaksin 6 hingga 12 tahun yang masih dilaksanakan.

“Dosis kedua untuk seluruh kategori baru mencapai 60 persen. Ini yang harus terus kita kejar, karena provinsi sudah mencapai angka 70,8 persen,” tambahnya.

Diketahui, untuk capaian vaksinasi kali ini yang digelar oleh BINDA Kepri bersama instansi vertikal di Puskesmas Tanjungbalai sebanyak 46 orang (umum) dan pada pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun sebanyak 234 orang dengan total keseluruhan sebanyak 280 orang.

Penulis: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *