Dinas DPMPTSP dan Transnaker Anambas Latih 10 Calon Juru Las

ANAMBAS, RADARSATU.com – Dinas DPMPTSP dan TRANSNAKER Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan Diklat Pelatihan Welding/Juru las 3G/4G kepada 10 putra Anambas di GMF Training Center Batam, Sabtu (27/11/2021).

Kepala Dinas DPMPTSP dan TRANSNAKER Anambas, Yunizar mengatakan, pelatihan untuk memberikan keterampilan bagi putra Anambas sebelum perusahaan Kufec beroperasi.

“Kegiatan pelatihan ngelas tersebut dilaksanakan untuk memberikan ketrampilan guna antisipasi dalam persaingan dunia kerja. Dengan adanya keterampilan pengetahuan dan sertifikat nanti bisa melamar pekerjaan baik di perusahaan sesuai dengan bidang diperlukan atau membuka usaha baru secara mandiri,” katanya, Sabtu (27/11/2021).

Dilanjutkannya, Adapun 10 peserta tersebut berasal dari Kecamatan Siantan, Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Jemaja.

Untuk pelaksanaan kegiatan selama delapan hari dan diberikan BPJS ketenagakerjaan selama pelatihan berlangsung.

Baca Juga :  Pria di Karimun Ini Ditemukan Sudah Meninggal Dunia di Pondok

Yunizar juga menjelaskan, di tahun-tahun sebelumnya, Disnaker juga telah memberikan pelatihan di bidang parawisata kepada 109 orang putra-putri anambas.

“Selain pelatihan bidang pengelasan kita juga telah memberikan pelatihan kepada putra-putri anambas di bidang parawisata pada tahun-tahun sebelumnya dengan jumlah peserta lebih kurang 109 orang dan kepada peserta mendapatkan sertifikat yang telah mengikuti pelatihan tersebut,” ujarnya.

Kabid Transmigrasi, penempatan dan pelatihan tenaga kerja dinas DPMPTSP dan TRANSNAKER Anambas, Arnov mengatakan, pelatihan ini menggunakan APBD Anambas tahun 2021.

” Adapun kegiatan pelatihan diklat Welding atupun pengelasan ini di anggaran melalui anggaran APBD dari Dinas DPMPTSP dan TRANSNAKER tahun 2021,” terangnya.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran COVID-19, Desa Sunggak Lakukan Penyemprotan Disenfektan

Arnov menyampaikan, usai pelatihan, para peserta akan diberikan sertifikat uji kompetensi pengelasan. Sertifikat ini sebagai penunjang keahlian untuk mencari pekerjaan baik di perusahaan maupun swasta.

“Akhir pelatihan peserta akan di uji kompetensi yang lolos ujian diberikan sertifikat. sertifikat yang didapatkan bisa digunakan salah satu sebagai sarat pendukung mencari pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian baik di perusahaan maupun swasta,” ucapnya.

Arnov berharap, para peserta dapat mengikuti pelatihan secara serius agar apa yang didapatkan selama pelatihan berguna untuk kedepannya.

“Kita berharap peserta serius dalam kegiatan agar ilmu yang didapatkan selama pelatihan berguna untuk kedepannya dan bisa dikembangkan untuk kedepannya,” harapnya.

Baca Juga :  Rahma Menyerahkan 56 KTP Ke Siswa/i SMK 2 Tanjungpinang

Hal senada juga disampaikan, Amat Yani Anggota DPRD Anambas, ia meminta agar peserta serius mengikuti pelatihan. Apalagi pelatihan ini penting untuk memastikan para peserta kompeten dalam bidang pengelasan.

“Ambil ilmu yang di berikan sebagai bekal untuk kedepannya baik mencari pekerjaan dan bisa juga membuka usaha sendiri dengan ilmu yang didapatkan,” tambahnya.

(Hrs)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.