Gubri dan Bupati Rohil Kompak Tabur 10 Ribu Benih Ikan Air Tawar

Gubernur Riau Syamsuar membagikan 3 ribu tanaman buah kepada masyarakat Bangko Pusako, Jum'at (12/11/2021).

ROHIL, RADARSATU.com – Selama puluhan tahun lamanya tersumbat, aliran sungai Bangko yang berada Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir akhirnya dinormalisasi untuk mengurangi banjir.

Gubernur Riau Syamsuar bersama Kajati Riau Jaja Subagja didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman meninjau normalisasi itu di Dusun Pematang Semut Desa Bangko Pusaka.

Saat peninjauan, Syamsuar dan Afrizal Sintong beserta rombongan menaburkan 10 ribu benih berbagai jenis benih ikan air tawar di Sungai Bangko itu.

Selain itu, sebanyak 3 ribu tanaman buah juga dibagikan kepada masyarakat Bangko Pusako.

Baca Juga :  Strategi Medco E&P Hadapi Tantangan Operasi di Tengah Pandemi

Dalam pidatonya, Syamsuar mengatakan, normalisasi ini merupakan hasil rapat dengan seluruh perusahaan perkebunan yang ada di Riau untuk bersama membantu pemerintah melakukan normalisasi seluruh sungai yang ada.

“Alhamdulillah alat berat sudah sampai, sekarang sudah mulai bekerja, kepada masyarakat mari kita sama-sama bantu pemerintah daerah agar apa yang jadi kesulitan masyarakat dapat kita atasi bersama,” katanya, Jum’at (12/11/2021).

Atas adanya bantuan normalisasi tersebut, Wabup Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau yang selalu memberikan perhatian kepada Kabupaten Rohil.

Baca Juga :  Prostitusi Remang-remang di Ibu Kota Kuansing Makin Menjamur

Melihat kondisi salah satu desa tertua di Rohil itu, Sulaiman mengatakan akan memperhatikan desa itu. Apalagi masih banyak penduduk asli yang masih tergantung sebagai nelayan mencari ikan di sungai Bangko

“Untuk kedepannya InshaAlah akan jadi prioritas pembangunan kami Kedepannya, kami Pemda akan perhatikan dari segi infrastruktur dan lainnya,” ujarnya.

Alfian, salah satu nelayan Sungai Bangko berharap agar Sungai Bangko bukan hanya sekedar di normalisasi kali itu saja. Akan tetapi setiap tahun bisa terus dilakukan pembersihan agar tidak tersumbat lagi.

Baca Juga :  BKAD Kuansing Gelar Diklat Tata Kelola Bumdes

“Sungai Bangko dulunya sangat jernih bisa di minum airnya pak gubernur, kami harap walaupun tidak seperti dulu bisa dikembalikan 69 persen saja kami sudah sangat bersyukur,” harapnya.

(Anthony)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.