Daerah  

Plt Bupati Kuansing Sampaikan Jawaban Atas Pandum Fraksi Soal RPJMD

KUANSING, RADARSATU.com – Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum Fraksi DPRD terhadap RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dalam sidang Paripurna, Senin (8/11/21)

Suhardiman mengatakan, di RPJMD 2021-2026, Pemkab Kuansing akan menyelesaikan konflik lahan antar masyarakat dan perusahaan, tumpang tindih lahan masyarakat, hutan adat dengan Hutan Produksi Konversi (HPK), hutan/ lahan Hal Guna Usaha (HGU).

Penyelesaian konflik lahan ini didukung oleh Pansus lahan masyarakat dan perusahaan yang dibentuk oleh Pemprov Riau.

Selain itu, Pemkab Kuansing akan menyiapkan Perda tentang masyarakat hukum adat.

“Kerjasama Pemerintah Daerah yang salah satunya dengan Badan Usaha termasuk usaha perkebunan berkaitan dengan permasalahan lahan yang disebutkan Fraksi Partai Demokrat akan menjadi perhatian kami di masa mendatang,” katanya, Senin (8/11/2021).

Dalam RPJMD ini, Pemkab Kuansing juga akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dan masyarakat.

Pemerintah akan mendorong ASN untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang prima semuanya bermuara pada aspek daya saing daerah.

Untuk masyarakat, Pemkab Kuansing akan menggelar sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, pendampingan/pembinaan, kursus, workshop dan pola lainnya yang dapat meningkatkan SDM.

Di bidang lingkungan hidup, Pemkab Kuansing akan membuat pengadaan alat berat dan mobil pemadam kebakaran.

Pengawasan aktivitas tambang ilegal dan memanfaatkan lahan eks tambang ilegal menjadi untuk lahan pertanian, perikanan pariwisata maupun usaha ekonomi kreatif lainnya.

Selain disokong APBD Kuansing, realisasi RPJMD 2021-2026 ini juga akan disokong dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat dan bantuan keuangan dari Pemprov Riau.

Suhardiman menambahkan, penyusunan RPJMD disusun dengan kehati-hatian untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.

“Sekali lagi terimakasih atas saran tersebut karena menunjukkan komitmen dan dedikasi seluruh Fraksi Dewan yang terhormat untuk mengakselarasi penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Kuantan Singingi demi terwujudnya kebutuhan masyarakat di masa mendatang,” tambahnya.

(Sartika)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *