Cegah Bencana Secara Dini, Pemkab Karimun dan Polres Karimun Gelar Apel Pasukan

KARIMUN, RADARSATU.COM – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim pimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana di wilayah Kabupaten Karimun, Rabu (27/10/2021).

Apel pasukan, kendaraan dan perlengkapan SAR bersama instansi terkait itu dilakukan di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Karimun.

Didampingi Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano dan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji Basuki, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim melakukan pengecekan pasukan dan kendaraan.

Cek pasukan dan kesiapan yang digelar diantaranya kendaraan sarana pendukung dalam penanganan bencana alam terdiri dari peralatan SAR seperti perahu karet milik Satpolairud Polres Karimun, Lanal Tbk dan Basarnas.

Baca Juga :  Polres Kepulauan Anambas Gelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Pilkada

Termasuk peralatan canggih milik Satpolairud Polres Karimun bernama U-Safe sebagai penunjang SAR di air dengan menggunakan remote control. Selain itu, pelaratan lainnya yang digelar pelaratan SAR terbatas hingga kantong mayat dalam rangka penanganan bencana alam.

Dalam arahan-arahannya, Anwar Hasyim menyampaikan, berdasarkan data dari BNPB, sejak tanggal 1 Januari hingga 5 September 2021 di Indonesia telah terjadi 1.289 bencana alam dengan rincian 750 bencana banjir.

477 cuaca ekstrim, 346 tanah longsor dan 206 kali kebakaran hutan dan lahan serta bencana non alam yaitu penyebaran COVID-19 sejak 13 April 2021 ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional.

Baca Juga :  Polisi Ringkus Pelaku Curanmor dan Dua Penadah di Batam

“Pada tahun 2021 ini kita telah dihadapkan oleh berbagai permasalahan Panca Roba yang terjadi di indonesia,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Anwar Hasyim mengajak mengantisipasi secara dini penanganan bencana alam baik yang disebabkan oleh banjir, cuaca ekstrim, gempa bumi, tanah longsor dan yang lain-lain yang akan berdampak pada gangguan Kamtibmas.

Penulis: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.