Nelayan Anambas Sukses Kembangkan Bisnis Kerapu Omzet Milliaran Rupiah

Azianto nelayan Anambas berdialog dengan Kepala SKK MIGAS Dwi Soetjipto di acara Kapasitas Nasional 2021, Kamis (21/10/2021).

ANAMBAS, RADARSATU.com – Azianto, nelayan binaan Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) bersemangat menyampaikan keberhasilan program Keramba Jaring Apung (KJA) kepada Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Azianto yang mewakili UMKM Balai Benih Ikan Anambas ini memamerkan kesuksesan bisnis kerapu di Forum Kapasitas Nasional 2021 di Jakarta yang berlangsung Kamis (21/10) – Jumat (22/10) ini dan diikuti 11 perusahaan dan 14 UMKM binaan CSR dari kontraktor kontrak kerja sama.

Berkat program pengembangan masyarakat dari Medco E&P, pendapatan Azianto dan nelayan lain di Anambas meningkat bahkan produksi ikan kerapunya dibeli negara tetangga.

Baca Juga :  Soal New Normal, Rahma: Kita Telah Usulkan ke Pemerintah Pusat

Azianto didampingi VP Supply Chain Management Medco E&P Kenneth Gunawan dan CSR Officer Fahmi Abdillah menjelaskan bahwa saat ini program KJA telah berkembang menjadi Balai Benih Ikan di Anambas.

Sebelumnya mereka merupakan nelayan harian yang tergantung akan kondisi laut. Namun, melalui Balai Benih Ikan, dalam tujuh tahun terakhir balai tersebut telah mendistribusikan sebanyak 185.263 benih ikan kerapu dengan omzet senilai Rp 4,8 miliar.

“Lokasi Anambas yang strategis mempermudah pembeli dari luar negeri, salah satunya dari Hongkong untuk membeli ikan kerapu budidaya dari nelayan. Kondisi pemasaran ini mendorong masyarakat untuk melakukan budidaya ikan kerapu,” ujar Azianto. (***)

Baca Juga :  DPRD Anambas Gelar Rapat Paripurna Penyampaian dan Penyerahan LKPJ Bupati Tahun 2019

Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.