Kabar Gembira, Pemerintah Pusat Akan Bangun Bendungan Jelutung Lingga

LINGGA, RADARSATU.com – Pemerintah Pusat berencana untuk membangun Bendungan Jelutung di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Pembangunan bendungan ini sudah mendapat atensi khusus dari Pemerintah Pusat.

Sebagai langkah awal percepatan pembangunan, Bupati Lingga Muhammad Nizar mengikuti rapat pengembangan wilayah dan percepatan pembangunan infrastruktur Kepri secara virtual di kantor Bappelitbang Lingga.

Rapat dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan didampingi oleh Menteri Agraria, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, dan Menteri PUPR.

Sementara Nizar didampingi Plt Kepala Bapelitbang Nelawati, Plt Kepala Dinas PUPR Novrizal, Kepala Dinas Perhubungan Selamat,  Kepala Kesbangpol Armia dan perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim).

Plt Kepala Bapelitbang, Nelawati mengatakan khusus untuk Lingga, usulan pembangunan bendungan Jelutung dapat atensi Pemerintah Pusat.

“Rencana pemenuhan air baku ini memang sudah lama jadi perencanaan daerah, sejak bupati kemarin, dan sudah masuk pada agenda pusat,” katanya, Kamis (2/9/2021).

Selain untuk pemenuhan suplay air ke Kota Batam, bendungan juga bisa berguna jadi pembangkit listrik.

Selain bendungan, pengembangan terumbu karang, Padang lamun, dan mangrove turut mendapat atensi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Tadi ada singgung, meski tidak ada dalam agenda rakor, jadi kita ada masuk dua usulan pembangunan pemenuhan air baku Jelutung, sama agenda dari kementerian kelautan dan perikanan tadi,” jelasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR, Novrizal mengatakan secara teknis usulan pembangunan bendungan di Jelutung sudah disiapkan baik itu Detail Engineering Design (DED),  Analisis Dampak Linggkungan (AMDAL), menyusul Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) dalam penyusunan.

“Sudah hampir siap semua, dan masih pada tahap pengurus LARAP,” jelas dia.

Setelah proses itu semua selesai, Pemkab Lingga masih memiliki pekerjaan rumah yakni pembebasan lahan.

“Setelah selesai baru nanti, tergantung pusat apakah ini disetujui untuk proses pembangunannya,” terang Novrizal.

Bupati Lingga, Nizar menekankan agar OPD terkait untuk serius memantapkan rencana pembangunan bendungan Jelutung.

Ia juga menyebut, Lingga dengan potensi sumber daya air yang melimpah ruah dapat dikembangkan menjadi sumber pendapatan daerah.

Kekayaan ini tentu harus termanfaatkan, agar berdaya guna bagi kehidupan banyak orang. Tidak hanya berguna bagi Kota Batam, tapi secara aspek finansial, akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Semoga ini terealisasi, dan kita memang meminta dinas atau badan terkait agar untuk memperhatikan hal ini,” tutupnya.

(Agus)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *