Jadi Mitra Binaan PT Timah, Anto Kembangkan Usaha Tanaman Sayur Hidroponik

KARIMUN, RADARSATU.COM – Anto salah seorang warga Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun berhasil mengembangkan usaha tanaman sayur hidroponik setelah mendapatkan bantuan pinjaman modal melalui program kemitraan PT Timah, Rabu (2/6/2021).

Berawal dari hobi menanam sayur, Anto mulai mengembangkan usahanya menanam sayur dengan metode hidroponik yang hasil panennya masih untuk dikonsumsi pribadi. Dengan terus menekuni hobinya tersebut, Anton melihat terdapat peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Pasalnya, tanaman seperti cabai dan sawi yang ditanamnya sangat banyak diminati oleh masyarakat. Hal tersebut terlihat saat dirinya menyisihkan hasil panennya untuk dititipkan di kedai tak jauh dari rumahnya. Tak disangka, ia pun kebanjiran pesanan sayurannya.

Baca Juga :  Kompol Andri Kurniawan Ajarkan Berbagi ke Anak Usia Dini

“Saya hobi nanam sayur untuk konsumsi pribadi, Alhamdullillah sering ada lebih saya coba titipkan sayuran itu di kedai dekat rumah. Ternyata banyak juga peminatnya, cukup menjanjikan lah pasarnya,” katanya saat ditemui di kediamannya.

Anton terus menekuni dan belajar dari berbagai sumber tentang bercocok tanam dengan metode hidroponik. Ia pun mencoba mengembangkan tanaman daun sledri. Menurutnya, tanaman tersebut dapat bertahan lama dalam masa panennya dengan waktu sekitar 6 hingga 7 bulan.

“Saya belajar sendiri, bahannya dari buku, internet. Saya mengembangkan hobi ini, ternyata jadi peluang usaha. Waktu dititip di kedai banyak juga peminatnya. Aat ini saya menambah dan mencoba menanam daun sledri,” ujarnya.

Baca Juga :  Test Landing CN-295 TNI AU ke Bandara Dabo, Ini Agenda Danlanud RHF di Lingga!

Anton menjelaskan, disaat banyaknya pesanan, Anton mengalami kendala biaya untuk pengembangan usahanya dalam bercocok tanam melalui metode hidroponik. Anton yang mendapat informasi bahwa PT Timah memiliki program kemitraan memberikan pinjaman modal bagi pelaku UMKM langsung mengajukannya.

“Saya mendengar bahwa PT Timah ada program bantuan untuk pengembangan usaha. Saya mencoba untuk mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha hidroponik saya dan Alhamdulillah PT Timahlangsung merespon,” jelasnya.

Setelah mendapatkan permodalan dari PT Timah, dirinya terus mengembangkan usaha tanam sayur hidroponiknya. Bahkan, dirinya sudah membuka beberapa cabang lantaran tingginya permintaan. Menurutnya, program kemitraan PT Timah ini sangat membantu dalam mengembangkan usaha dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk memajukan usahanya.

Baca Juga :  Ribuan Masyarakat Antusias Sambut Tablig Akbar UAS di Dabo Singkep

“Saat ini saya sedang berusaha mengembangkan tanaman daun sledri atau daun sop untuk  yang di belakang rumah. Program ini sangat membantu kami mengembangkan usaha dari PT Timah karena banyak nilai positifnya. Benar-benar membantu para usaha kecil untuk berkembang, salah satunya pinjaman tanpa bunga, kemudian angsuran dimulai tiga bulan setelah pencarian serta tidak ada potongan apapun,” tambahnya.

Penulis : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.