Daerah  

Gerakan Riau Bertani, Kuansing Peroleh Bantuan Tanaman Padi

KUANSING, RADARSATU.COM – Untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi, Pemerintah Provinsi Riau melalui Gerakan Riau Bertanam Padi (Riau Bertani) memberikan bantuan tanaman padi pada Kabupaten Kuantan Singingi.

Kadis Pertanian Kuansing, Emmerson melalui Kabid Tanaman Pangan, Yunafrizal mengatakan, untuk tanaman padi ini akan dilakukan pada Musim Tanam (MT) tahun 2021-2022 pada bulan Oktober mendatang.

Diketahui, Kabupaten Kuansing mendapatkan bantuan tanaman padi yang akan ditanam di Kecamatan Gunung Toar dan Kecamatan Benai, dengan luas area masing masing-masing sekitar 250 hektare.

Untuk Kecamatan Gunung Toar berada di hamparan sawah Desa Toar, Petapahan dan Teberau Panjang. Sedangkan di Kecamatan Benai berada di hamparan sawah Desa Tebingtinggi, Simandolak dan Gunung Kesiangan.

“Masing masing kecamatan ini akan dilakukan tanaman padi jenis IP 200, dengan luas area 250 hektare per Kecamatan,” kata Yunafrizal saat dihubungi awak media, Jumat (5/3/2021) kemarin.

Yunafrizal mengatakan, Gerakan Riau Bertani ini adalah upaya untuk meningkatkan produksi tanaman padi dan daerah yang memperoleh Gerakan Riau Bertani. Maka para petani akan memperoleh beberapa jenis bantuan muli dari benih padi hingga pupuk.

“Gerakan Riau Bertani merupakan bupaya pemerintah meningkatkan produksi tanaman padi dimasing-masing daerah. Jadi para petani nantinya mendapatkan bantuan berupa benih padi sebanyak 25 kg per hektare.

“Kemudian, pupuk urea sebanyak 250 kg per hektare, Herbisida 4 liter, pupuk TSP 100 kg hektare, KCL 100 kg, dan dolomit sebanyak 2 ton per hektare serta mesin bertani. Jadi diharapkan pada masa mendatang, para petani di Kuansing dapat lebih meningkatkan produksi tanaman padinya,” ujarnya.

Penulis : Sartika
Editor : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *