Lanal TBK Mendirikan Bangunan Posmat TNI AL Tanjung Batu

KARIMUN, RADARSATU.COM – Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi mendirikan bangunan Posmat TNI AL di Pelantar Indora Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Pulau Kundur Kabupaten Karimun, Kamis (4/3/2021).

Pembangunan Posmat TNI AL itu diawali dengan pemasangan tiang pancang pertama secara simbolis oleh Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi yang ditandai dengan pemecahan kendi serta pemotongan tumpeng oleh Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab 4 DJA I Ny Dewi Maswedi.

Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi menjelaskan, pembangunan Posmat TNI AL tersebut dilakukan melihat Tanjung Batu merupakan salah satu daerah yang memiliki wilayah perairan yang cukup luas sehingga perlu dilakukan pembangunan Posmat Tanjung Batu.

Baca Juga :  BP Batam Bantu Tangani COVID-19 dengan Siapkan Rusun dan Asrama Haji untuk Pasien

“Karena Tanjung Batu berada di perairan wilayah kerja Lanal Tanjungbalai Karimun. Selain itu, Tanjung Batu juga mempunyai wilayah perairan cukup luas dan cukup ramai, sehingga perlu Posmat Tabjung Batu ini dibangun sebagai mata telinga pangkalan TNI AL dalam hal ini Lanal TBK yang bertanggung jawab terhadap keamanan laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim (Babinpotmar) di wilayah tanjung Batu,” jelasnya.

Maswedi juga mengatakan, dalam hal ini, Posmat bersama unsur musyawarah pimpinan Kecamatan turut membantu dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan di daerah, baik di darat khususnya di Perairan sekitar.

Posmat dan Posal sebagai mata telinga pangkalan TNI AL dalam hal ini Lanal TBK yang bertanggung jawab terhadap keamanan laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim yang mempunyai fungsi mengumpulkan informasi data intelijen maritim dalam rangka mengemban fungsi inteligent maritim yang diwenangkan kepada TNI AL dalam hal ini Danlanal TBK.

Baca Juga :  Diklat Penghitungan Angka Kredit, Rahma Harap Satpol PP Harus Lebih Profesional

“Posal dan Posmat sendiri mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan,” ujarnya.

Sedangkan untuk sarana yang digunakan oleh Posmat TNI AL Tanjung Batu yaitu Speed boat mesin Yamaha 40 PK. Dan untuk Posal yang berada di jajaran Lanal TBK, sarana yang digunakan yaitu Speed boat mesin Yamaha 40 PK hingga 200 PK.

“Di Pangkalan Lanal TBK Standy unsur Sea Rider, Patkamla dan unsur KAL. Pelawan I-4-7 yang siap digerakkan sewaktu-waktu jika dibutuhkan oleh Posmat dan Posal jajaran Lanal TBK,” kata Danlanal.

Baca Juga :  Ekspor Kepri Selama Tahun 2020 Turun 6,31 Persen Akibat COVID-19

Maswedi menambahkan, untuk Posmat jajaran Lanal TBK berjumlah 6 yaitu, Posmat Kolong, Meral, Pulau Buru, Selat belia, Tanjung Batu dan Posmat Pulau Durai. Untuk Posal jajaran Lanal TBK ada 3 yaitu, Posal Leho, Takong Hiu dan Posal Moro.

“Harapan terhadap anggota Posmat Tanjung Batu yaitu agar melaksanakan peran nyata ya dalam pengamanan dan pembangunan di daerah, salah satunya adalah dengan perbantuan ke Pemda yang sesuai dengan UU No 34 tahun 2004 tugas pokok TNI terutama peran TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selian Perang),” tambahnya.

Penulis : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.