Pemdes Batu Berapit Salurkan Insentif Kader Posyandu dan KPM

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, salurkan insentif dan operasional kepada ibu ibu kader di dua posyandu di Desa Batu Berapit.

Kepala Desa Batu Berapit, Umar Lisman mengatakan, penyaluran insentif dan operasional sebesar 40 persen dari pagu anggaran Dana Desa (DD) untuk dua Posyandu di Desa Batu Berapit selama dua bulan.

“Hari ini kita salurkan insentif dan operasional kepada ibu-ibu kader posyandu Desa Batu Berapit. Untuk insentif dua bulan, sedangkan operasional posyandu 40 persen dari pagu DD yang disalurka,” kata Umar saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/3/2021) kemarin.

Umar menjelaskan, penyaluran insentif ini diberikan kepada 20 ibu-ibu kader posyandu. Insentif yang dibayarkan sebesar Rp 200.000 selama dua bulan kapada Posyandu GATRI Genting Dusun dan Posyandu SERUNI Pulai Pulau Langan.

Selain penyaluran insentif kepada ibu-ibu kader posyandu Pemdes Batu Berapit juga menyalurkan insentif kepada kader Kelompok Pemberdayaan Masyarakat ( KPM) Desa Batu Berapit sebesar Rp 500.000 perbulannya yang diberikan kepada 2 orang.

“Kepada kader KPM Desa Batu Berapit juga kita salurkan kepada dua orang untuk dua bulan. Untuk pembayaran insentif saat ini kita alokasikan di Dana Desa (DD). Bentuk bantuan ini kedepannya bisa kita ajukan kenaikan, tergantung anggaran dan sesuai dengan regulasi yang ada,” jelasnya.

Umar mengatakan, selain memberikan insentif kepada ibu-ibu kader Posyandu dan KPM, Pemdes juga melakukan kegiatan untuk lansia. Diketahui, kegiatan yang direncanakan membuat kerajinan tangan dari bahan rotan dan pandan untuk dijadikan anyaman dan mendapatkan harga jual.

“Ada kegiatan yang juga kita berikan kepada lansia. Adapun kegiatannya yaitu membuat kerajinan berupa anyaman dari rotan dan daun pandan yang bisa mendapatkan harga jual,” ujarnya.

Umar menambahkan, kegiatan ini sengaja diprogramkan dan bertujuan agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang lanjut usia.

“Dalam waktu dekat, kegiatan ini akan kita laksanakan, tinggal menunggu pengajuan anggaran kegiatan tersebut. Semoga pelaksanaannya berjalan,” tambahnya.

Penulis : HRS
Editor : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *