Pemkab Karimun Goro Bersama Bersihkan Sampah Eceng Gondok di Danau Taman Hijau

KARIMUN, RADARSATU.COM – – TNI, Polri dan Pemkab Kabupaten Karimun bersama melaksanakan giat Gotong Royong ( Goro ) membersihkan sampah dan enceng gondok di danau taman hijau depan RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Jumat ( 19/2/2021), pagi.

Ikut Goro bersama peduli lingkungan bersih diantaranya, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, Danlanal Tbk Letkol Laut (P) Maswedi, M.Tr.Opsla, Kapolres Karimun diwakili

Kabag Ops Polres Karimun Kompol Ricky Firmansyah, SIK  dan sejumlah pejabat lainnya.

Ricky mengatakan, tujuan utama membersihkan sampah dan enceng gondok dalam upaya pencegahan dampak seperti banjir, kerusakan lingkungan.

“Hal ini mengingat, danau tersebut selain dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari mata pencaharian seperti ternak pembibitan ikan juga sebagai salah satu icon Kabupaten Karimun sebagai Taman Hijau,” ungkap Kompol Ricky Firmansyah.

Dijelaskan Ricky, alasan dilaksanakan kegiatan pembersihan sampah dan enceng gondok di danau taman hijau Karimun, selain memiliki dampak positif, eceng gondok juga memiliki dampak negative yaitu menghalangi sinar matahari yang masuk kedalam perairan sehingga dapat menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air dan juga eceng gondok bisa merusak lingkungan di sekitar perairan dan mempercepat pendangkalan air.

“Eceng gondok juga dapat merusak estetika perairan karena akar-akar yang rontok akan mengambang dan membuat air terlihat sangat kotor dan terlihat sangat keruh,” terang Ricky.

Atas nama Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Ricky menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di danau karena bisa menyebabkan banjir. Dan mari saling menjaga danau ini agar tetap selalu bersih dan dapat di manfaatkan untuk memancing dan wisata danau, pungkasnya.

Goro bersihkan danau dari sampah dan enceng gondok di danau tersebut menggunakan perahu karet sebanyak lima unit. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *