Plt. Bupati Lingga Ikut Panen Udang Vanemei di Tambak Desa Tinjul 

LINGGA, RADARSATU.COM – Plt Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengapresiasi upaya dua kelompok budidaya petani ikan (Pokdakan) di Desa Tinjul dan Resang.

Pasalnya, dua kelompok budidaya tani tambak ini sukses meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pemberdayaan usaha di sektor perikanan berupa budidaya udang Vanamei.

Selain dapat melatih masyarakat khususnya generasi muda untuk menjalankan usaha produktif di bidang perikanan, upaya ini juga dinilai akan sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan khususnya di Kecamatan Singkep Barat dan Singkep Selatan, kabupaten Lingga.

“Kalau kita tidak membenah dengan baik, maka akan sia-sia saja. Tapi hari ini sudah ditunjukkan dan dibuktikan panen ini sesuai dengan harapan kita semuanya,” kata Nizar, Jumat (5/2/2021).

Diketahui, dua kelompok pembudidaya udang Vanamei di Desa Resang dan Tinjul, hanya memanen sebagian udang yang siap panen. Masing-masing tambak memanen sebanyak 500 kilogram, dengan total panen dari dua tambak itu sedikitnya 1 ton.

Oleh karena itu, Pemkab Lingga terus berkomitmen untuk memajukan program-program peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dengan telah dikucurkannya anggaran untuk pengembangan tambak udang Vanamei di sejumlah wilayah di Lingga.

“Insya Allah dari panen kita hari ini, untuk pihak yang membelinya sudah ada. Harapan saya dari hasil panen yang dijual ini para kelompok dapat mengelola keuangan dengan baik dan mulai mencicil untuk mempersiapkan kedepannya lagi agar terus berkembang dan berkelanjutan,” ujarnya.

Nizar mengatakan, meski demikian, untuk pengembangan yang lebih besar lagi, pemerintah daerah tidak tutup mata dan terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap program-program peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama membangun Kabupaten Lingga dari segala sektor dan kalangan untuk meningkatkan Kabupaten Lingga agar lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Desa Tinjul dan Desa Resang berharap kepada pemerintah daerah untuk terus dapat memberikan dukungan pengembangan tambak tersebut. Ia optimis melalui program budidaya ikan, Kabupaten Lingga akan lebih maju dan berkembang.

Penulis : Agussalim
Editor : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *