Gelar Opsgaktib, Denpom Lanal TBK Periksa Kedisiplinan Prajurit TNI AL

Polisi Militer Angkatan Laut Lanal TBK Memeriksa Salah Satu Prajurit

KARIMUN, RADARSATU.COM – Detasemen Polisi Militer (POM) Angkatan Laut Lanal TBK melaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) TW 1 kepada seluruh prajurit dan PNS Lanal TBK

“Jajaran detasemen militer angkatan laut Lanal TBK melakukan operasi Gaktib terhadap seluruh prajurit dengan sandi Waspada Wira Pari 2021. Ini adalah kegiatan sesuai dengan rencana operasi dari detasemen polisi militer yang secara periodik per triwulan dilaksanakan,” kata Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi.

Kegiatan Opsgaktib yang dilaksanakan di depan Mako Lanal TBK tersebut tampak di pimpin langsung oleh Komandan Denpom Lanal TBK Kapten Laut (PM) Agus Riyadi dan 9 prajurit Polisi Militer.

Maswedi mengatakan, sasaran dalam operasi ini meliputi daripada kelengkapan adminitrasi kendaraan dan kelengkapan adminitrasi serta identitas Prajurit TNI AL, khususnya Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut Lanal TBK.

“Sasaran Opsgaktib ini adalah kelengkapan prajurit dalam berkendaraan bermotor, kemudian kelengkapan berpakaian dinas dari prajurit TNI,” katanya.

Maswedi menjelaskan, Dasar pelaksanaanya berdasarkan Undang Undang no 31 tahun 1997 tentang peradilan militer dan Undang undang no 22 tahun 2009 tentang angkutan Lalu lintas dan jalan raya

Sesuai Sprint Panglima TNI nomor Sprint /3073/XI/2020 tentang pelaksanaan Opsgaktib Polisi Militer TA 2021 serta Surat perintah Pangkoarmada I nomor ;Sprin/ 1785/XII/2020.

Adapun tujuan dilaksanakannya Opsgaktib tersebut adalah sebagai langkah preventif dan meminimalisir pelanggaran pidana dan disiplin yang mungkin akan terjadi pada prajurit TNI dan PNS TNI khususnya TNI AL.

Sehingga tercipta kedisiplinan prajurit TNI Khususnya TNI AL dan taat hukum agar terjaga nama baik dan citra TNI AL khususnya Lanal TBK.

“Tujuan kita meminimalisir pelanggaran yang mungkin akan terjadi kepada prajurit sehingga tercipta prajurit yang disiplin, tertib, taat hukum sehingga memiliki kualitas dan etos kerja yang baik,” jelasnya.

Maswedi mengatakan, dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan pelanggaran baik prajurit mupun PNS Lanal TBK yang tidak memiliki kelengkapan adminitrasi kendaraan dan identitas prajurit serta kelengkapan kendaraannya.

“Alhamdulillah kegiatan Opsgaktib hari ini tidak ditemukan pelanggaran dari prajurit. Ini artinya seluruh prajurit di Lanal TBK sudah taat hukum dan tertib hukum,” ujarnya.

Danlanal menambahkan, selain melaksanakan Operasi Penegakan dan Ketertiban tersebut juga dilaksanakan pembagian sebanyak 300 masker bagi pengguna jalan yang melintasi Jalan Nusantara Tanjungbalai Karimun.

“Kegiatan Opsgaktib ini juga disejalankan dengan pembagian 300 masker kepada pengguna jalan yang melintas,” tambahnya.

Penulis : Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *