Antisipasi Banjir, Kementerian PUPR Akan Bangun Folder Air di Jalan Pemuda

Zulhidayat, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia dikabarkan akan membangun folder air di Jalan Pemuda tepatnya di belakang SMP 6 Tanjungpinang.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, pembangunan folder air itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir bila hujan deras turun dan pasang surut.

“Itu pembuatan folder di Pemuda insyaallah. Di belakang SMP 6. Jadi kalau hujan dan pasang airnya tertampung di situ dulu. Supaya genangan air itu dapat diminimalisir,” katanya, Selasa (19/1).

Zulhidayat juga menuturkan, proses pembangunan folder air itu telah melewati proses lelang dan diperkirakan akan mulai dikerjakan pada bulan Februari mendatang.

“Sudah tender, awal Februari sudah mulai dikerjakan itu,” tuturnya.

Saat ditanyakan terkait jumlah anggaran yang digunakan, Zulhidayat mengaku tidak mengetahui secara pasti karena pembangunan folder air itu merupakan proyek Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Kementerian PUPR Indonesia.

“Saya kurang tahu pasti, kalau tak salah anggarannya itu belasan milliar juga,” ucapnya.

Meski demikian, Zulhidayat mengaku bahwa Pemko Tanjungpinang telah mengucurkan dana sebesar 800 juta untuk membebaskan lahan seluas 3 hektar tempat folder air akan dibangun.

“Lahannya sudah lama kita bebaskan, sekitar 800 juta anggarannya. Lahannya sekitar 3 hektar, untuk folder mungkin sekitar 2 atau 2,5 hektar karena kan harus ada penyangganya,” tambahnya.

(Nuel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *