Jumlah Penduduk Miskin Meningkat di Kota Tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Menerima Laporan Persentase Jumlah Penduduk Miskin di Kota Tanjungpinang Dari Mangamputua, Kepala BPS Tanjungpinang, Senin (18/1)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM- Jumlah penduduk miskin di Kota Tanjungpinang mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun 2019.

Tercatat per Maret 2020 terdapat 19.980 orang miskin di Tanjungpinang atau bertambah sebanyak 930 orang dibandingkan tahun Maret 2019 yang sebesar 19.050 orang.

Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Mangamputua mengatakan, orang dalam kategori miskin itu merupakan penduduk yang pengeluaran nya dibawah garis kemiskinan.

“Garis kemiskinan setiap penduduk di Kota Tanjungpinang itu pengeluaran nya 691.000. kalau dibawah itu pengeluaran atau pendapatannya maka dikategorikan penduduk miskin,” katanya, Senin (18/1).

Mangamputua juga menerangkan, selain jumlah orang miskin, angka garis kemiskinan di Kota Tanjungpinang di tahun 2020 sebanyak 691.738 orang, meningkat dari tahun 2019 yang sebesar 659.170 orang.

Menurutnya, meningkatnya biaya hidup di Kota Tanjungpinang menjadi salah satu penyebab bertambahnya jumlah orang miskin itu.

“Biaya hidupnya meningkat, tapi pendapatan nya yang mengalami penurunan,” bebernya.

Meski demikian, di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang menduduki posisi kedua dengan jumlah penduduk miskin terbanyak yang mencapai 9,37 persen dari jumlah total penduduk Tanjungpinang.

Cukup jauh dibawah dibawah Kabupaten Lingga yang penduduk miskinnya mencapai 13,85 persen dari jumlah total penduduk.

“Secara persentase kita nomor 2 terbesar di Kepri, setelah Lingga,” tutupnya.

(Nuel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *