BMKG Karimun Imbau Masyarakat Tentang Angin Monsun Asia

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun, Raden Eko Sarjono

KARIMUN, RADARSATU.COM – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun, Raden Eko Sarjono mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk tidak bepergian jika tidak penting.

Imbauan tersebut diberikan karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kepulauan Riau, tak terkecuali di Kabupaten Karimun.

“Mengingat intensitas curah hujan yang terus meningkat, kita minta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut,” kata Eko, Senin (4/1/2021).

Eko menjelaskan, cuaca tersebut diakibatkan adanya angin Monsun Asia yang diprediksi akan terjadi peningkatan curah hujan di bulan Januari dan Februari 2021 mendatang.

“Potensi cuaca ekstrem, berupa hujan lebat, melanda sejumlah wilayah Kabupaten Karimun, salah satu pemicunya cuaca ekstrem yakni, angin Monsun Asia yang aktif bergerak,” jelasnya.

Eko menambahkan, potensi angin Monsun Asia ini bisa mengakibatkan banjir, yang longsor hingga banjir bandang.

“Sekali lagi kita mengimbau untuk selalu mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan banjir bandang, serta naiknya permukaan air laut,” tambahnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *