Ketua KPU Karimun Minta Masyarakat Bersabar Menunggu Hasil Rekapitulasi

KARIMUN, RADARSATU.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun Eko Purwandoko meminta seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk tetap bersabar menunggu hasil rekapitulasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

Hal tersebut dikatakan Eko saat melakukan pemantauan proses rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Meral dan Kecamatan Meral Barat, Jumat (11/12/2020).

Seperti diketahui, masing-masing dari kedua pasangan calon Bupati Karimun dan Wakil Bupati Karimun saling mengklaim sebagai pemenang dan meraih suara lebih unggul meski menang tipis.

Dimana Paslon nomor urut 01 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim mengklaim meraih kemenangan tipis dengan selisih 1,6 persen berdasarkan formulir C1 yang di rekapitulasi Tim ARAH, meraih 55456 suara (50,8%) dan Bersinar meraih 53660 suara (49.5%) dari suara masuk di 555 TPS.

Sementara itu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar (Bersinar) juga menyatakan keluar sebagai pemenang dengan meraih perolehan suara sebanyak (56,43%) mengungguli rivalnya (Arah) yang mendapat (55.08%) suara.

Oleh karena itu, Eko mengatakan, terkait kepastiannya (hasil pilkada), masyarakat diminta bersabar karena hasil resmi dari KPU Kabupaten Karimun pada sidang pleno rekapitulasi yang Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020 mendatang.

“Saya berharap, masyarakat harus bersabar dulu menunggu, karena proses penghitungan suara masih berlangsung dan menunggu setelah rekapy tingkat Kabupaten paling lama tanggal 17 Desember mendatang,” katanya.

Eko mengatakan, saat ini KPU tengah melakukan rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serentak di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun. Namun untuk hasil rekapitulasi yang dilakukan memerlukan 2 hingga 3 hari.

“Saat ini sedang tahap rekapitulasi tingkat PPK yang serentak dilakukan di 12 Kecamatan yang ada di kabupaten Karimun dengan waktu yang berbeda. Untuk hasil rekapitulasi tidak selesai hari ini dikarenakan jumlah TPS nya yang cukup banyak sehingga memerlukan 2 hingga 3 hari,” ujarnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *