Pelan-pelan Anambas Tambah Lagi Site Layanan 4G Telkomsel

ANAMBAS, RADARSATU.COM – – Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas kini memiliki layanan sinyal 4G Telkomsel. Desa tersebut yang sebelumnya blank spot area kini telah one air dan sudah bisa dirasakan layanan sinyal 2G&4G lte Telkomsel oleh masyarakat setempat.

Bahkan, jangkauan sinyal dapat mencakup Bandar Udara Letung-Jemaja, Desa Batu Berapit, Pantai Wisata Padang Melang dan Dusun Pasiran Desa Bukit Padi.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Telkom Group (Telkom, Telkomsel, Daya Mitra Telekomunikasi).

“Dengan bertambah satu lagi layanan Sinyal 4G Telkomsel di kawasan perbatasan negara di lokasi Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja lebih cepat dari target yang di perkirakan,” kata Kepala Diskominfotik Kabupaten Anambas, Jefrizal.

Jefrizal mengatakan, dinas yang dipimpinnya telah berkoordinasi dengan Telkomsel. Telkomsel membenarkan timnya sudah melakukan percobaan layanan beberapa hari yang lalu.

“Telkomsel dan tim di lapangan hari ini akan di permanenkan dan hari ini tim telkom ada penambahan perangkat yang kurang untuk di tempatkan di site tower batas tersebut,” ujarnya.

Pemkab Anambas, kata Jefrizal, sangat bersyukur dengan bertambahnya lagi site layanan 4G lte Telkomsel di Pulau Jemaja. Menurutnya, ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dan telkomsel.

“Kami sangat mengapresiasi Telkom group(telkom, Telkomsel, Daya mitra Telekomunikasi) dan juga dari PT. Moratelindo terus berkomitmen membangun memperluas jaringannya di daerah perbatasan yang serba terbatas ini,” ucapnya.

Jefrizal melanjutkan, hasil koordinasi pihaknya dengan Telkomsel menyimpulkan, 3 lokasi site Telkomsel yaitu di site Telkomsel Kuale Maras Jemaja Timur, site Telkomsel Letung dan site Telkomsel Batu Berapit layanan bandwidthnya satu sumber backbonenya dari Tarempa Palaparing Barat masih kurang layanan 4G lte Telkomsel tersebu.

Hal itu dikarenakan kapasitas layananan masih kurang masih terkendala sumber trasmisi dari Tarempa.

“Tapi Telkomsel sudah maksimal membagi kapasitas ke ketiga batas tower, untuk sementara ini dan terus akan meningkatkan sehingga nantinya akan lebih maksimal,” tungkasnya.

Jefrizal menambahkan, seusai rapat yang pemda lakukan sebelumnya, untuk tahun 2021 Telkomsel juga akan memperluas dan menambah layanan 4G lte nya di beberapa kecamatan yang ada di Kepulauan Anambas seperti di Kecamatan Siantan Timur, penambahan site tower di Kecamtan Palmatak, Kecamatan Kute Siantan dan beberapa kecamatan lain yang terus pemda usul dan upayakan daerah dan desa yang lemah sinyal untuk di perkuat.

“Semoga itu bisa terialisasi,” harapnya.

“Upaya yang dilakukan ini tak lepas dari peran dari semua pihak, terutama dari Kementrian Polhukam RI Kementrian Maritim RI, Kementeian Kominfo RI, Badan Asesibilitas Telekomunikasi dan Informasi BAKTI Kominfo RI dan Stakeholder yg telah membantu, Terimakasih buat Telkom untuk Kepulauan Anambas dan terimakasih buat Telkomsel terus bergerak dan melangkah maju untuk kabupaten Kepulauan Anambas,” tutup Jefrizal.

Laporan: Hariyadi
Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *