BMKG Karimun Himbau Masyarakat Terkait Dampak Cuaca Ekstrim La Nina

KARIMUN, RADARSATU.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap dampat La Nina.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun, Raden Eko Sarjono saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (14/11/2020).

Diketahui, fenomena cuaca ekstrem La Nina saat ini sedang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Karimun, membuat kondisi cuaca menjadi berubah-ubah.

Eko mengatakan, intensitas curah hujan saat ini cukup tinggi di sejumlah wilayah Karimun dan tidak menutup kemungkinan kembali akan menimbulkan angin puting beliung.

“Potensi terjadinya angin puting beliung masih bisa kembali terjadi, hal tersebut dipicu berdampaknya La Nina yang masih berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di karimun sendiri,” katanya.

Eko menjelaskan, selain angin putting beliung, pada masa-masa peralihan cuaca (Pancaroba) ditambah dengan adanya fenomena La Nina ini dapat menyebabkan banjir.

“Selain puting beliung, dampak La Nina ini juga dapat berisiko terjadinya banjir dikarenakan intensitas curah hujan cukup tinggi,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, terkhusus kepada para nelayan untuk tetap mengutamakan keselamatannya saat beraktifitas.

“Himbaun kami kepada para nelayan dan warga selalu waspada dengan kondisi cuaca akhir-akhir ini terutama yang ingin beraktifitas dilaut, angin kuat serta terciptanya gelombang tinggi dapat membahayakan keselamatan para nelayan,” ujarnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *