Angin Puting Beliung Porak-porandakan Puluhan Rumah di Karimun

KARIMUN, RADARSATU.COM – Angin puting beliung memporak-porandakan sekitar 56 rumah di sejumlah wilayah di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (10/11/2020).

Kapolsek Meral, AKP Doddy Santosa mengatakan, berdasarkan data dilokasi sementara ada sebanyak 56 mengalami kerusakan pada bagian atap dan beberapa di antaranya tergolong rusak berat. Kemudian, banyak pohon tumbang, bahkan ada bagian atap rumah warga yang tersangkut di kabel listrik akibat bencana angina puting beliung.

Wilayah yang mengalami bencana puting beliung yakni, di kawasan Batu Lipai dan Wonosari, Meral. Masing-masing berada di Kelurahan Baran Timur sebanyak 42 rumah dan 14 rumah di Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral. Sedangkan di Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, terdata 8 rumah.

“Sementara ini untuk di wilayah Meral dan Tebing ada 56 Kepala Keluarga yang terdampak akibat bencana angin puting beliung yang terjadi hari ini,” kata Doddy saat meninjau lokasi.

Atas kejadian tersebut juga menyebabkan seorang warga sempat tertimpa reruntuhan seng pada bagian kepala. Peristiwa ini juga mengganggu aliran listrik di wilayah tersebut.

“Kejadiannya jam 3 dini hari, saya lagi tidur, angin datang langsung mutar-mutar. Bapak saya udah kena seng kepala dia, posisi dia lagi di dalam kamar. Dia sakit stroke,” kata seorang warga, Yani, saat ditemui di lokasi.
Pjs Bupati Karimun Herry Andrianto didampingi Sekda M Firmansyah, Camat Meral Herisa Anugerah dan Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan tampak meninjau ke lokasi kejadian.

“Untuk saat ini warga di evakuasi ke gedung persatuan masyarakat Kampar dan sebagian diungsikan ke rumah keluarganya hingga kondisi rumah mereka dapat kembali ditempati,” kata Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto.
Herry menambahkan, saat ini pihak pemerintah telah melakukan pendataan terhadap korban puting beliung untuk mendapatkan bantuan.

“Langkah selanjutnya, kita akan mendata seluruh korban dan akan diberikan bantuan melalui Dinas Sosial,” tambahnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *