Ini Penyampaian Bawaslu RI Saat Apel dan Rakerda di Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau menggelar Apel dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Penguatan SDM Pengawas Pemilu dengan Bawaslu Kota/Kabupaten dan Panwaslu Kecamatan se-Kepulauan Riau, Sabtu (17/10/2020).

Apel tersebut diselenggarakan di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Dompak Kota Tanjungpinang.

Dalam amanatnya, Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan beberapa elemen dalam menyukseskan Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19 kepada pengawas, penyelenggara, peserta, masyarakat dan stakeholder terkait.

“Untuk menyukseskan pilkada ditengah Covid-19, pengawas harus tetap mematuhi kode etik, protokol kesehatan dan melaksanakan tugas dengan profesional, berintegritas serta bermartabat,” ujarnya.

Abhan juga menyampaikan, pemilu tahun ini berbeda dengan pemilu di tahun 2019. Pemilu dimasa pandemi Covid-19 kali ini, elemen penyelenggara diharapkan mampu menyelenggarakan pemilu dengan penuh tanggungjawab, mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Abhan berpesan, masyarakat juga dapat menjadi bagian dalam penyelenggaraan pemilu dan ini merupakan tugas penting bagi penyelenggara dan pengawas untuk meyakinkan masyarakat bahwa pada 9 Desember nanti masyarakat tetap aman dalam memilih di situasi pandemi Covid-19.

“Penyelenggaraan pemilu harus bisa meyakinkan masyarakat, di 9 Desember nanti mereka aman dalam memilih dan ini merupakan tugas bagi KPU dan Bawaslu dalam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Abhan juga menjelaskan peserta pemilu juga menjadi elemen yang harus mendukung terselenggaranya pemilu yang aman, sehat dan martabat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terakhir, Abhan menyampaikan bahwa stakeholder terkait seperti Polisi dan Satgas covid19 juga menjadi elemen dalam penyelenggaraan Pemilu di tengah pandemi.

“Ini juga penting bahwa stakeholder seperti polisi dan satgas menjadi elemen dalam penyelenggaraan pemilu kali ini demi mengawasi kegiatan peserta pemilu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (Ravi)

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *