Danlanal TBK Fokus Lakukan Pengawasan Dititik Rawan

KARIMUN, RADARSATU.COM – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi, berkomitmen untuk melaksanakan pengawasan laut rutin.

Menggelar patroli rutin ini akan dilakukan di sejumlah titik yang dianggap rawan di wilayah Perairan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Letkol Maswedi menjelaskan, hal tersebut perlu dilakukan mengingat geografis Karimun yang sebagai besar merupakan wilayah maritim apalagi berdekatan dengan dua negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura.

“Sebagian besar wilayah Karimun ini penghidupannya dari laut, karena itu saya akan optimalkan unsur jajaran saya yaitu Posal, Posmat maupun KAL Patkamla.

“Kalau semuanya di cover terbatas, baik unsur maupun personil, makanya akan ada saya prioritaskan titik-titik yang menurut saya rawan,” kata Letkol Maswedi yang baru saja menjabat Danlanal TBK itu, saat ditemui di Mako Lanal TBK, Rabu (14/10/2020).

Danlanal TBK menjelaskan, untuk menjaga laut, ia akan memerlukan kerjasama antar pihak-pihak yang berkaitan dengan kemaritiman, sehingga bisa menjamin kenyamanan masyarakat yang menggantungkan hidup dari sektor laut.

“Tentu ini tidak bisa sendirian, harus bersama Stakeholder terkait di bidang kemaritiman. Karena selain tempat kita ini strategis, kehidupan masyarakat di sini pun bergantung dari laut,” jelasnya.

Danlanal akan memprioritaskan penindakan terhadap upaya penyelundupan narkoba, di samping adanya penindakan terhadap tindak pidana lainnya yang terjadi di wilayah hukum Lanal TBK.

“Yang saya lawan pertama kali adalah narkoba, untuk pelanggaran tindak pidana perairan yang lain itu terutama setelah dinyatakan bersalah sesuai Undang-undang tentu pasti akan ditindaklanjuti,” tegas perwira TNI AL yang sebelumnya menjabat Palaksa Denma Koarmada I tersebut. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *