Gubernur Kepri Izinkan Masyarakat Gelar Permainan Rakyat Meski Covid-19

TANJUNGPINANG – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto memperbolehkan masyarakat di daerah itu menggelar lomba permainan rakyat dalam rangka peringataan HUT ke-75 Kemerdekaan RI meskipun di tengah situasi pandemi COVID-19.

“Kami tidak melarang, silakan kalau masyarakat ingin merayakan HUT RI dengan aneka lomba permainan rakyat seperti tahun sebelumnya,” kata Isdianto di Tanjungpinang, Selasa(18/8).

Namun, Isdianto meminta pelaksanaan lomba tersebut harus dibarengi penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebatan COVID-19.

Menurutnya, panitia penyelenggara dan peserta wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

“Batasi jumlah peserta yang ikut lomba permainan rakyat. Siapkan fasilitas cuci tangan buat masyarakat,” kata Isdianto di Tanjungpinang, Selasa(18/8/2020)

Salah seorang warga Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Azli, menyampaikan tahun ini tidak ada pelaksanaan permainan rakyat 17 Agustus di wilayahnya, karena mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Biasanya, peringatan HUT RI di daerah tersebut diisi dengan bermacam-macam lomba permainan tradisional, seperi makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, hingga pertandingan bola kaki.

“Meskipun tidak dilarang Pak Gubernur, tapi  tetap ditadakan sampai kondisi pandemi ini stagnan. Apalagi dalam beberapa hari terkahir terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Karimun,” tutur Azli.

(Mn)

Video Semarak HUT RI ke-75 di Pelantar Pelangi :

https://youtu.be/EDzkvFM_iG0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *